Tingkatkan Kesejahteraan Petani, DKPTPH Lampung Sosialisasikan e-KPB di Lampung Timur

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, DKPTPH Lampung Sosialisasikan e-KPB di Lampung Timur

DKPTPH Lampung Timur--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPTPH) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani.

Salah upaya yang dilaksanakan, melalui sosialisasi program Kartu Petani Berjaya Berbasis Elektronik (e-KPB) di Lampung Timur, Selasa 8 Agustus 2023.

Acara yang digelar di Gedung Tani Desa Sukadana Ilir Kecamatan Sukadana itu dihadiri Ketua Tim Sekretariat KPB Provinsi Lampung Sofyansyah Jaya Putra.

Hadir juga dalam acara itu para koordinator penyuluh seluruh Kabupaten Lampung Timur.

BACA JUGA:Respons Laporan Warga, Polsek Talang Padang Patroli dan Telusuri Dugaan Penyimpangan BBM, Hasilnya…

Pada acara tersebut, Sofyansyah Jaya Putra memaparkan, KPB merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung untuk menghubungkan semua kepentingan pertanian secara luas.

Itu termasuk, bidang peternakan, perikanan dan perkebunan.

"KPB juga merupakan penjabaran visi dan misi Provinsi Lampung tahun 2019 – 2024," jelas Sofyansyah Jaya Putra.

Dilanjutkan, pada saat kali pertama diluncurkan tahun 2019 lalu, hingga tahun 2021, KPB mencakup 6 layanan.

BACA JUGA:409 PPPK Jabatan Fungsional Guru di Tanggamus Tanda Tangan Perjanjian Kerja

Kemudian, di tahun 2022 bertambah menjadi 10 layanan. Kini, mulai 2023 KPB telah berbasis elektronik atau e-KPB dengan layanan meningkat menjadi 15.

Antara lain, kepastian mendapatkan bibit, pupuk dan obat-obatan. Kemudian, kepastian pemasaran produk, permodalan, pembinaan manageman usaha dan tekhnologi. Selanjutnya, layanan asuransi dan penyelesaian masalah.

Keuntungan lain, dengan e-KPB maka semua layanan tersebut tersedia dalam aplikasi yang dapat dioperasikan menggunakan HP atau laptop.

"Jadi petani yang sudah tergabung dalam e-KPB cukup membuka aplikasi yang ada di HP maka dapat memanfaatkan semua layanan yang tersedia," papar Sofyansyah Jaya Putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: