Pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tenka Goken Lima Katana Legendaris Jepang

Pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tenka Goken Lima Katana Legendaris Jepang

Bak dua sisi mata uang, sejarah Kekaisaran Jepang tak dapat dipisahkan dengan keberadaan samurai dan pedang katananya. Kedua hal ini seolah identik. Foto Dok Pixabay--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDBak dua sisi mata uang, sejarah Kekaisaran Jepang tak dapat dipisahkan dengan keberadaan samurai dan pedang katananya. Kedua hal ini seolah identik. 

Saat seseorang menyebut kata Jepang, tentu langsung terbayang di benak kita sosok seorang Samurai. Demikian pula sebaliknya. Ketika disebutkan kata Samurai tentu langsung terbetik negara Jepang.

Kedua hal ini memang menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan kebudayaan Jepang sekalipun banyak dipengaruhi oleh keberadaan para Samurainya. 

Samurai disebut juga dengan istilah bushi. Pada abad 10-19, kelas prajurit Jepang ini dipercaya melakukan dinas militer. Pada periode itu, para samurai menempati kasta sosial tertinggi. Tepatnya pada periode Edo yaitu pada tahun 1603-1867. Keberadaan mereka terus bertahan hingga era Restorasi Meiji pada tahun 1868. 

BACA JUGA:SEGERA Klaim Link DANA Kaget Hari Ini 9 Agustus 2023, Saldo DANA Gratis Rp 85 Ribu Langsung Cair

Samurai tergolong piawai menggunakan aneka senjata untuk berperang. Mereka bisa menggunakan panah, tombak hingga senjata api. Namun senjata yang paling sering mereka gunakan adalah pedang yang dikenal dengan nama Katana. Sejak awal para samurai memang sangat terlatih memainkan jenis senjata ini. 

Katana bahkan dikenal sebagai salah satu jenis pedang terbaik di dunia. Senjata ini memiliki tingkat ketajaman yang sangat tinggi. Katana disebut-sebut mampu menembus tulang dan merobek baju sirah lawan.

Karena kualitasnya yang tinggi, proses pembuatan Katana memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Tidak sembarang pandai besi bisa menghasilkan Katana berkualitas. Bahkan saat ini, hanya segelintir pandai besi berlisensi yang dapat memproduksi katana berkualitas. 

Maka tak heran bila Katana menjadi warisan berharga yang diturunkan dari generasi ke generasi. Sebagian Katana bahkan menjadi koleksi berharga museum, kuil, atau kediaman Kaisar.

BACA JUGA:Cuma Pakai Link! Saldo DANA Kaget Gratis Rp 123 Ribu Langsung Cair, Buruan Klaim

Di Jepang, ada istilah Tenka Goken. Istilah ini merujuk pada lima pedang legendaris. Kelima pedang ini disebut sebagai the best of the best. Karena kehebatannya muncullah istilah Tenka Goken yang bisa diartikan lima pedang terbaik yang diturunkan dari surga, 

Kelima pedang ini sudah terkenal sejak zaman Muromachi yaitu pada sekitar tahun 1392-1573. Kelimanya kini berbeda nasib. Tiga di antaranya kini menjadi harta nasional Jepang. Sementara dua pedang lainnya menjadi peninggalan suci agama Buddha Nichiren dan harta kekaisaran Jepang.

Kelima pedang itu adalah Juzumaru Tsunetsugu yang menjadi peninggalan suci agama Buddha Nichiren, Onimaru Kunitsuna (harta kekaisaran Jepang), serta  Dojigiri Yasutsuna, Mikazuki Munechika, dan Odenta Mitsuyo (harta nasional Jepang). 

1. Juzumaru Tsunetsugu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: