Pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tenka Goken Lima Katana Legendaris Jepang

Pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tenka Goken Lima Katana Legendaris Jepang

Bak dua sisi mata uang, sejarah Kekaisaran Jepang tak dapat dipisahkan dengan keberadaan samurai dan pedang katananya. Kedua hal ini seolah identik. Foto Dok Pixabay--

Pedang ini dikenal juga dengan sebutan Rosario/Tasbih. Katana ini dibuat oleh seorang ahli pedang yaitu Aoe Tsunetsugu. Pedang ini akhirnya dimiliki oleh seorang pendeta Buddha Jepang, Nichiren. Ia menjadikan pedang ini sebagai perlindungannya. 

BACA JUGA:Rekomendasi Drama Korea yang Bakal Tayang di Bulan Agustus

Lebih jauh dari itu, Nichiren menjadikan pedang Juzumaru ini sebagai simbol untuk menegakkan kebenaran dan menghancurkan kedurhakaan. Karena itu, pedang ini diberi hiasan tasbih Budha atau “Juzu” di bagian gagangnya. Tujuannya untuk membersihkan para roh jahat. 

Akhirnya pedang dengan panjang 81,08 cm dan kelengkungan 3,0 cm diberi nama Juzumaru. Pedang berjenis Tachi ini sekarang dimiliki oleh Kuil Honkoji, Amagasaki. 

2. Onimaru Kunitsuna 

Pedang yang dibuat oleh Awataguchi Sakon-no-Shogen Kunitsuna ini dijuluki juga dengan sebutan Demon alias Iblis. Konon sebutan ini muncul Ketika Hojo Tokimasa selaku kepala Klan Hojo bermimpi disiksa oleh iblis. 

Mimpi ini terus mengganggunya. Hingga suatu malam, seorang pria tua muncul dalam mimpi Hojo. Pria tua itu meminta Hojo membersihkan pedang yang berkarat. Ia berjanji akan membunuh sang iblis jika Hojo mampu membersihkan pedang tersebut. Hojo lalu dengan cepat membersihkan pedangnya. 

BACA JUGA:Dahsyat! Berikut Ini 5 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan

Dalam dunia nyata, pedang itu kemudian bergerak sendiri dan berhasil mengiris leher sang iblis. Sejak saat itu, Hojo tidak pernah lagi bermimpi buruk tentang iblis. 

Pedang itu lantas dinamai Onimaru yang berarti Pedang Iblis. Pedang jenis Tachi dengan panjang 78,3 cm ini sekarang dirawat oleh Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang. 

3. Dojigiri Yasutsuna 

Pedang ini disebut-sebut sebagai yang terkuat dari kelima pedang Tenka Goken. Julukannya juga cukup mentereng, yaitu Slayer of Shutendoji atau Pembantai Shutendoji. Ada pula yang menyebut pedang ini dengan Yokozuna karena kesempurnaannya.

Maklum saja, pedang ini memang bernilai sejarah sangat tinggi karena menjadi katana tertua yang masih ada hingga saat ini. Kualitas dan nilai artistik bilahnya tak perlu diragukan lagi. Meski tua, bilahnya sangat indah. Maka wajar jika pedang ini mendapat perawatan khusus.

BACA JUGA:Daftar Kartun atau Anime Favorit dari Masa Kemasa yang Bikin Kangen Masa Kecil

Tidak itu saja, legenda yang dikaitkan dengan Katana ini juga sangat terkenal. Pedang yang kini disimpan di Museum Nasional Tokyo ini dibuat oleh pendekar pedang Hoki-no-Kuni Yasutsuna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: