Iklan Bos Aca Header Detail

Pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tenka Goken Lima Katana Legendaris Jepang

Pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tenka Goken Lima Katana Legendaris Jepang

Bak dua sisi mata uang, sejarah Kekaisaran Jepang tak dapat dipisahkan dengan keberadaan samurai dan pedang katananya. Kedua hal ini seolah identik. Foto Dok Pixabay--

Legenda menceritakan, pada suatu masa ada Raja Iblis bernama Shutendoji yang meneror daerah utara Kyoto. Kaisar kemudian meminta bantuan Minamoto no Yorimitsu yang dikenal juga sebagai Minamoto no Raiko untuk menumpas Raja Iblis tersebut. 

Yorimitsu lantas membawa empat jenderalnya yang dikenal dengan sebutan Shitenno. Dalam perjalanan, mereka menyamar sebagai murid gunung Buddha. Dalam perjalan itu, mereka bertemu dengan tiga orang lelaki tua. Belakangan, ketiganya diketahui sebagai dewa Shinto yang menyamar. 

Ketiga lelaki tua itu memberi mereka tiga benda Ajaib. Yaitu helm, tali, dan sebotol anggur. Sesampainya di puncak gunung, Raja Iblis Shutendoji sedang berpesta. Sajian dalam pesta tersebut adalah daging dan darah manusia. 

BACA JUGA:Sop Konro Makanan Khas Makassar , Sudah ada sejak ditahun 1960 an

Rombongan Minamoto berusaha tidak terlena. Mereka sama sekali tidak memakan makanan tersebut. Minamoto kemudian menawarkan Shutendoji dan anak buahnya botol anggur yang mereka bawa. 

Stelah Shutendoji tertidur, Minamoto kemudian mengikatnya. Sementara para jenderal membunuh iblis-iblis yang menjadi anak buah Shutendoji. Saat Shutendoji dipenggal oleh Minamoto, kepalanya terbang di udara. Di akhir hidupnya, kepala itu mencoba menggigit kepala Minamoto. Beruntung, helm pemeberian lelaki tua mampu menahan serangan iblis tersebut. 

Nah, pedang yang digunakan Minamoto membunuh Shutendoji itulah yang akhirnya dijuluki Dojigiri, pembunuh atau pembantai Shutendoji. Katana ini ditetapkan sebagai salah satu Harta Nasional Jepang.

4. Mikazuki Munechika 

Pedang disebut sebagai Mikazuki atau Bulan Sabit karena bentuk polanya berupa bulan sabit kecil. Pola ini muncul dari proses penempaan. Karena pola yang indah ini, Mikazuki menjadi pedang terindah di antara Tenka Goken lainnya. 

BACA JUGA:3 Daftar Berita Populer Radar Lampung 8 Agustus 2023, dari Salin Link dapat Saldo Dana hingga Guru Besar Unila

Jenis Katana ini diperkirakan dibuat oleh ahli pedang Sanjo Kokaji Munechika sekitar abad 10-12. Pedang ini juga termasuk dalam jenis Tachi. Memiliki panjangnya sekitar 80 cm dengan kelengkungan 2,7 cm. Pedang ini disimpan di Museum Nasional Tokyo. 

5. Odenta Mitsuyo 

Sesuai dengan namanya yang berarti pedang terbaik yang ditempa Denta, Katana ini memang dibuat oleh ahli pedang Miike Denta Mitsuyo. Pedang ini merupakan salah satu dari tiga pedang kebesaran shogun klan Ashikaga. Dua pedang kebesaran lainnya adalah Onimaru dan Futatsumei.

Dari Denta, pedang ini lalu diturunkan kepada Maeda Toshiie. Cerita menyebutkan, Maeda Toshiie merupakan salah satu jenderal terkemuka Oda Nobunaga. Ia memiliki seorang putri bernama Go yang lemah dan sakit-sakitan. 

Sebelum pernikahannya, penyakit Go mejadi lebih parah. Toyotomi Hideyoshi, pemilik Odenta menawari Maeda Toshiie untuk meminjam pedangnya. Toyotomi Hideyoshi meyakini, pedang Odenta bisa melawan kekuatan jahat yang menimpa Go. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: