9 Masakan Khas Pariaman Sumatera Barat Wajib Dicicipi, Surga Tersembunyi di Pantai Barat Pulau Sumatera

9 Masakan Khas Pariaman Sumatera Barat Wajib Dicicipi, Surga Tersembunyi di Pantai Barat Pulau Sumatera

Katupek Gulai Tunjang di Pasar Kurai Taji Kota Pariaman merupakan salah satu masakan khas Pariaman Sumatera Barat wajib anda cicipi . Sumber Foto Youtube @Herlina Basri--YouTube@Herlina Basri

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pariaman merupakan  salah satu Kota di Sumatera Barat  yang memiliki destinasi wisata menarik hingga kuliner khas Pariaman Sumatera Barat 

Dilansir dari website resmi portal pemerintah kota Pariaman mencatat Pariaman Sumatera Barat termasuk kota tertua di Pantai Barat Pulau Sumatera.

Pariaman merupakan daerah yang cukup dikenal oleh pedagang bangsa asing semenjak tahun 1500 an.

Catatan tertua tentang Pariaman ditemuman oleh Tomec Pires (1446-1524), seorang pelaut Portugis yang bekerja untuk kerajaan Portugis di Asia.

Dalam catatan tersebut, tercatat telah ada lalu lintas perdagangan antara India dengan Pariama, Tiku dan Barus.

Secara Historis , Parimana dikenal sebagai pusat pengembangan ajaran Islam tertua di Pantai Barat Sumatera.

Salah seorang ulama yang terkenal seperti alm.Syekh Burhanuddin merupakan murid dari khatib Sangko ini bermalam di Pulau Angso Duo yang dikenal dengan "Kuburan Panjang "

Jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia di Proklamamirkan, pelaksanaan pendidikan bernuansa Islam telah berkembang di Pariaman.

Tahukah Anda, Beragam masakan khas Pariaman Sumatera Barat Wajib Dicicipi, Surga tersembunyi Di Pantai Barat Pulau Sumatera. 

Sumber bahan tulisan mengenai Masakan Khas Pariaman Sumatera Barat  ini dirangkum dari  YouTube @Herlina Basir, antara lain

1. Katupek Gulai Tunjang di Pasar Kurai Taji Kota Pariaman

Masakan Khas Katupek Gulai Tunjang yang dikenal oleh wisatawan kuliner dari lokal maupun luar daerah Pariaman Sumatera Barat adalah yang berlokasi di Pasar Kurai Taji Kota Pariaman Sumatera Barat.

Ketupat dengan kuah gulai nangka dan Tunjang ini khas  dengan bumbu rempah serta kaldu dari tunjang nya yang dimasak bersama gulainya.

Sehingga, rasanya semakin gurih. Sambil makan katupek gulai tunjang tambahkan sala bulek atau salah Lauak 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: