Ketersediaan Kebutuhan Pangan Aman, Ayam Masih Penyumbang Inflasi di Kota Metro

Ketersediaan Kebutuhan Pangan Aman, Ayam Masih Penyumbang Inflasi di Kota Metro

Ilustrasi ayam-Pixabay.com @klimkin-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memastikan stok ketersediaan kebutuhan pangan di Kota Metro masih aman.

Meskipun, Kota Metro menjadi penyangga kabupaten sekitarnya, namun dipastikan ketersediaan kebutuhan pangan di Kota Metro masih aman.

Asisten Bidang Perekonomian Setda Pemkot Metro Yeri Ehwan mengatakan, Kota Metro sebagai pusat kegiatan jual beli, dan penyangga kabupaten sekitarnya seperti Lampung Tengah dan Lampung Timur, ketersediaan pangan untuk kebutuhan masyarakat Kota Metro dipastikan cukup.

"Pangan kita masih tercukupi.  Memang Kota Metro ini adalah pusatnya, jadi tidak hanya mencukupi kebutuhan pangan Metro tapi juga untuk kabupaten di sekitarnya seperti Lampung Tengah, Lampung Timur, dan sebagian dari Pesawaran," ujarnya.

BACA JUGA:Siapkan Kuota, Ambil Saldo DANA Gratis Rp 276 Ribu Langsung Ke Akun E- Wallet, Begini Caranya

Dikatakannya, saat ini di Bulan Juli 2023 di Kota Metro, inflasi month to month sebesar 0,24 persen, akumulasi dari Januari sampai Juli tercatat inflasi sebesar 1,51 persen, dan inflasi year to year sebesar 2.05 persen.

Kemudian, lanjutnya, komoditas yang menjadi penyumbang inflasi terbesar di Kota Metro diantaranya ayam hidup, rokok kretek filter, solar mobil,dan beras.

"Untuk di Kota Metro, komoditas penyumbang inflasi terbesar itu antara lain ayam hidup, rokok kretek filter, beras, dan solar mobil," tambahnya.

Meski begitu, Pemkot Metro berupaya untuk mengendalikan inflasi dengan melakukan berbagai upaya, seperti penetrasi pasar, bazar jumat dan lainnya.

BACA JUGA:Jalani LMT II, Siswa SMP IT Insantama Belajar ke Radar Lampung

"Dari komoditas penyumbang inflasi, beras yang bisa kita kendalikan. Kita bekerja sama dengan Bulog," ujarnya.

 Ia menyebut, harga ayam sampai saat ini belum bisa dikendalikan, artinya tidak bisa dijual terlalu murah.

Sebab, untuk ayam ini juga berkaitan juga dengan pakan ternak yang juga cukup tinggi harganya.

"Harga daging ayam dan telur ayam ini tidak bisa terlalu turun ya. Karena ini juga dipengaruhi oleh harga pakan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: