Imbauan untuk Masyarakat Mesuji, Kurang Altifitas Diluar Rumah Polusi Udara Makin Meningkat

Imbauan untuk Masyarakat Mesuji, Kurang Altifitas Diluar Rumah Polusi Udara Makin Meningkat

Ilustrasi kualitas udara.---Sumber foto : Pixabay.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah sebagai upaya hindari polusi udara di musim kemarau.

Kepala Dinas Kesehatan Mesuji, Yanuar Fitrian terangkan jika pihaknya telah menggelar rapat dengan semua jajaran kesehatan membahas langkah dalam hadapi dampak El Nino. 

"Kami dituntut untuk terlibat aktif dalam upaya penanganan dampak el Nino. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah. Juga menghindari sumber polusi udara dan asap rokok," jelas Yanuar dikantornya. 

BACA JUGA: Edarkan Ganja, 7 Pengedar dan Pemakai Diamankan sedang 'Berpesta' di Lapo Tuak

Selain itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk menggunakan masker saat dirasa polusi udara tinggi. 

"Hidup bersih dan segera konsultasi ke tenaga kesehatan jika muncul masalah kesehatan. Semua hal diatas kami sosialisasikan di semua pusat pelayanan kesehatan, termasuk Posyandu," lanjut dia. 

Selain itu Dinas Kesehatan meminta kepada seluruh puskesmas yang menggelar kegiatan puskesmas keliling untuk menambah jadwal keliling dari sebelumnya. 

BACA JUGA:Genap 2 Tahun, Kinerja Holding Ultra Mikro - BRI, Pegadaian, dan PNM, Luar Biasa!

"Jika biasanya puskesmas keliling dilakukan sebulan sekali per desa, kini harus bisa 2 sampai 4 kali sebagai upaya jemput bola terhadap masyarakat yang terdampak kemarau," lanjut dia. 

Disisi lain, masyarakat mengeluhkan pekatnya debu, terutama yang berasal dari jalan yang tengah dibangun. 

"Wah hampir semua jalan di Mesuji berdebu. Apalagi jalan yang lagi diperbaiki, debunya sangat berbahaya, bikin sesak. Memang sesekali dilakukan penyiraman jalan, namun itu tidak memiliki dampak signifikan," tutur Ahmad, warga Kecamatan Mesuji Timur. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: