Bulog Perbanyak Toko Salurkan Beras dari Program SPHP di Kota Metro

Bulog Perbanyak Toko Salurkan Beras dari Program SPHP di Kota Metro

Suasana stok beras di Gedung Beras Perum Bulog Kanwil Lampung di Campang Raya, Selasa 5 September 2023-Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bulog Subdivre Lampung Tengah saat ini telah memperbanyak kios maupun toko yang ada di pasar untuk menjual beras dari program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

Hal tersebut sebagai langkah untuk menekan, dan menstabilkan harga beras yang mulai merangkak naik.

Kepala Bulog Subdivre Lampung Tengah, Tri Novianti, mengatakan, program kerja sama dengan sejumlah outlet dan toko tersebut juga sebagai langkah dalam program Siap Jaga (Sigap) SPHP. 

"Jadi nanti kios dan toko yang bekerja sama dengan kita bisa menjual beras dari Bulog dengan harga HET. Tentunya nanti mereka juga akan mendapatkan margin dari jual beras itu," katanya.

BACA JUGA:Rektor Unila Sebut Ada Enam Guru Besar yang Sudah Keluar SK

Dikatakannya, harga beras yang dijual dari kerja sama tersebut per kilogramnya Rp10.900. Sementara, keuntungan yang didapat dari menjual beras program SPHP tersebut adalah Rp950.

"Dari awal September kita sudah mulai program ini. Jadi, toko dan kios yang menjual beras tersebut dijual dengan harga Rp10.900. Jadi pedagang bisa mendapat margin Rp.950," ungkapnya.

Ia menuturkan, di Kota Metro sudah ada sejumlah kios dan toko yang sudah bekerja sama dengan Bulog.

Sampai saat ini, ada sekitar 36 outlet dan toko yang disalurkan beras dari Bulog tersebut.

BACA JUGA:Wabup Lampung Timur Serahkan SK Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting

"Kalau untuk outlet kita ada di semua pasar di Metro. Total kita sudah salurkan ke 36 outlet, selain dari RPK punya Bulog," imbuhnya.

Pihaknya tetap mengimbau para pedagang untuk menyalurkan beras SPHP dengan harga yang sudah ditentukan.

Ia menambahkan, sampai saat ini, ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Subdrive Lampung Tengah ada 3.800 ton, dan akan bertambah kiriman dari Bulog Lampung sebanyak 2000 ton.

"Ya akan ada kiriman tambahan beras dari Bulog Lampung sebanyak 2000 ton. Nanti beras itu juga untuk bantuan pangan gratis, selain untuk program SPHP," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: