Ada Sistem Baru dalam Pembagian Beras Tahap Dua, Muncul Kekhawatiran Keterlambatan Penyaluran

Ada Sistem Baru dalam Pembagian Beras Tahap Dua, Muncul Kekhawatiran Keterlambatan Penyaluran

Pembagian bantuan beras dari pusat untuk warga tidak mampu di Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, Selasa, 19 September 2023. -Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Setelah penyaluran beras bantuan Badan Pangan Nasional (Bapanas) tahap satu selesai, Pemkot Bandar Lampung kini bersiap untuk pembagian tahap dua di bulan oktober ini.

Pada pembagian tahap kedua ini, terdapat hal baru yakni penerapan sisten QR Code atau Barcode sebagai salah satu upaya akuntabilitas pada proses pendistribusian supaya penerima manfaat bisa tepat sasaran.

"Ketersediaan beras dari Bulog sudah tersedia.  Namun pihaknya menunggu sistem pembagian yang akan menggunakan QR Code.Tujuan barcode ini untuk  scanning  bantuan tepat sasaran," ujar Plt. Kadis Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung M Yusuf, Jumat, 6 Oktober 2023.

Meski begitu, pada proses ini Yusuf mengakui pihaknya masih mendapatkan kesulitan dalam penerapan sistem baru ini.

BACA JUGA:Yusuf Barusman Beber Alasan Dipanggil KPK Jadi Saksi untuk Tersangka Mantan Kepala Bea Cukai Jogjakarta

"Tapi teknologi ini ada keterbatasan, kami belum bisa mengadopsi sistem ini dan kami sebagai fasilitator belum paham teknisnya," katanya.

Menurutnya, Jumlah beras yang akan disalurkan ke KPM sesuai dengan jumlah penyaluran beras tahap pertama, yakni 58 ribu lebih KPM.

Sebelum dibagikan pihaknnya masih menunggu sosialisasi resmi dari Tim Bapanas sendiri, mengenai teknis dan penggunaannya kepada masyarakat.

"Tujuan digitalisasi bagus untuk mempercepat bukan memperlambat. Tapi kita lihat apa yang memperlambat apakah toolsnya atau SDM-nya," terangnya.

BACA JUGA:Masuk Barisan Mutasi TNI Terbaru 2023, Posisi Empat Danrem Bergeser

Karena hal itu juga, dirinya takut proses penyaluran beras kepada masyarakat tidak mampu di Bandar Lampung akan terlambat dari jadwal yang ditentukan mengingat tidak semua tenaga teknis dilapangan melek teknologi.

"Segi kesiapan kami sudah siap, tapi kasian teman-teman kelurahan harus ada bukti terima berupa QR Code. Jadi harus ada edukasi dengan butuh waktu sosialisasi secara cepat kepada masyarakat. Amanat Presiden dan Walikota harus segera disalurkan tapi tetap kita tunggu teknis dan sistemnya seperti apa nanti," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pendistribusian beras bantuan dari Presiden kini telah selesai tersalurkan ke semua Kecamatan yang ada di Bandar Lampung, Minggu, 24 Mei 2023.

Ya, hal itu diungkapkan Plt Kadis Ketahanan Pangan Muhammad Yusuf. Dirinya menyebut hari ini adalah hari terakhir penyaluran beras untuk masyarakat tidak mampu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: