Unila Bahas Keberlanjutan Kerjasama dengan Asosiasi Tapioka Thailand

Unila Bahas Keberlanjutan Kerjasama dengan Asosiasi Tapioka Thailand

Unila membahas kelanjutan kerjasama dengan Thai Tapioca Starch Association dan Thai Tapioca Association dari Thailand usai selama lima tahun menjalin Kerjasama.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) membahas kelanjutan kerjasama dengan Thai Tapioca Starch Association dan Thai Tapioca Association dari Thailand usai selama lima tahun menjalin kerjasama.

Hal ini dibahas pada Kamis, 19 Oktober 2023. Dekan FP Unila Prof. Irwan Sukri Banuwa menerangkan, pertemuan ini membahas kerjasama antara Unila dan Thai Tapioca Starch Association dan Thai Tapioca Association yang sudah berlangsung lebih dari lima tahun.

Selain itu Unila yang diwakili para peneliti dari fakultas pertanian berkesempatan mempresentasikan progres dan peluang penelitian tapioka dengan potensi yang relatif berbeda dengan negara Thailand.

Dr. Ayi Ahadiat di kesempatan terpisah mengungkapkan, industri ubi kayu tapioka sangat berkaitan erat dengan hajat hidup masyarakat petani.

BACA JUGA:Penyegelan Novotel Dibuka, Ini Kata Satpol PP Provinsi Lampung

la meyakini para pihak memiliki tanggung jawab dalam mengawal serta memberikan peluang para petani memanfaatkan momentum dalam memproduksi ubi kayu dari hulu hingga hilir.

Pertanian menurut Ayi, merupakan sektor paling dominan pada perekonomian di Provinsi Lampung.

Secara struktur, lebih dari 35% sektor ini memberikan kontribusi pada perekonomian yang ada. Dari hal itu, terdapat kontribusi tanaman pangan ubi kayu tapioka sebagai komoditi dominan di Lampung.

Ia berharap hal itu dapat memberi kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat Lampung yang terlibat dalam komoditi ini.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Tol Indralaya – Prabumulih, Jarak Tempuh Hanya Sekitar 20 Menitan

Lampung harus mempunyai upaya untuk hilirisasi sektor ini sehingga memberikan dampak lebih besar atas penambahan nilai dari proses tersebut.

Tapioka memiliki manfaat yang cukup besar sehingga industri ini memiliki cabang yang cukup kompleks bagi UMKM.

"Unila dengan risetnya turut serta memajukan pertanian tanaman pangan, khususnya komoditas ubi dan hasil kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Tiga Kali Masuk Penjara, Warga Tulang Bawang Ini Nggak Kapok-Kapok Hingga Akhirnya Kembali Dibui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: