Bakor Pakem Tanggamus Rumuskan Langkah Strategis Cegah Aliran yang Bisa Memicu keresahan

Bakor Pakem Tanggamus Rumuskan Langkah Strategis Cegah Aliran yang Bisa Memicu keresahan

Bakor Pakem gelar rapat koordinasi koordinasi di aula Kantor Kejari Tanggamus, Selasa 7 November 2023. FOTO DOKUMEN KEJARI TANGGAMUS--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakor Pakem) Tanggamus menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait.

Rapat dipimpin Ketua Bakor Pakem yang juga Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Nurmajayani, S.H., M.H. dan Wakil Ketua Kasi Intel Kejari Apriyono, S.H. 

Rapat koordinasi tim pengawasan aliran kepercayaan dan keagamaan masyarakat berlangsung di aula kantor Kejari Tanggamus, Selasa 7 November 2023.

Hadir Ketua MUI Tanggamus KH Wahid Zamas, Kasat Intel Polres Tanggamus Iptu Ahmad Junaidi, Ketua FKUB Ismail, BIN Daerah Tanggamus, Pasi Intel Kodim 0424, Kementerian Agama Tanggamus, Kesbangpol dan Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata.

BACA JUGA: Tim Pembina Samsat Sebut Kegiatan di SPBU Hanya Untuk Pendataan dan Edukasi

BACA JUGA: Nah Lho, Pemprov Lampung Bakal Data Kendaraan Mati Pajak di SPBU, Ini Titiknya

Apriyono menuturkan, Bakor Pakem merupakan kewenangan yang diberikan pemerintah kepada kejaksaan.

Hal ini sesuai peraturan Jaksa Agung RI Nomor 5 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan Jaksa Agung Nomor per-019/JA/09/2015 tentang tim koordinasi pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat. 

Terdiri dari unsur kejaksaan, kepolisian, TNI, Kemenag, Kesbangpol, Dikbud dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). 

Bakor Pakem merupakan wadah untuk sharing tentang aliran kepercayaan dan keagamaan, khususnya yang ada di wilayah hukum Kejari Tanggamus. 

”Bakor Pakem ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka deteksi dini mengantisipasi munculnya aliran kepercayaan dan aliran keagamaan yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat dan membahayakan negeri,” sebut Apriyono.

BACA JUGA: 17 Daerah Dengan Suhu Udara Tertinggi di Indonesia, Jawa Barat Paling Panas

BACA JUGA: Update Suhu Maksimum Harian di Indonesia Termasuk Lampung, Sumatera Selatan Mulai Ngebul, Jawa Barat Aman?

Pada pemilu 2024 mendatang, penting bagi masyarakat untuk menjunjung tinggi moderasi beragama demi menghindari adanya perpecahan antara satu kelompok dengan kelompok lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: