Tok! APBD Kota Bandar Lampung Tahun 2024 Disahkan Rp 2,72 Triliun

Tok! APBD Kota Bandar Lampung Tahun 2024 Disahkan Rp 2,72 Triliun

-Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandar Lampung mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkot Bandar Lampung Tahun 2024, Senin, 20 November 2023.

Pengesahan anggaran tersebut disampaikan Jubir Badan Anggaran (Banang) Kota Bandar Lampung Agusman Arif pada Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat II terhadap Raperda APBD Tahun 2024 yang ditandatangani Ketua DPRD Wiyadi dan Wali Kota Bandar Lampung, dengan nilai yang diputuskan Rp 2,727 triliun.

Pada APBD 2024, proyeksi anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditetapkan senilai Rp 1,340 triliun lebih dan dana pendapatan transfer Rp 1,697 triliun. Sehingga jumlah pendapatan Rp 2,727 triliun lebih.

Belanja daerah terdiri dari belanja operasi Rp 2,350 triliun, belanja modal Rp 317 miliar, dan belanja tidak terduga Rp 22 miliar. Sehingga jumlah belanja daerah Rp 2,690 triliun lebih dan surplus Rp 37 miliar.

BACA JUGA:Tak Hadir Ujian SKD, 6 Peserta PPPK Pemkab Mesuji Langsung Dinyatakan Gugur

Kemudian terdapat silpa Rp 25 miliar dan penerimaan pinjaman daerah Rp 10 miliar. Sehingga jumlah penerimaan pembiayaan Rp 35 miliar. 

Lalu pengeluaran pembiayaan seperti penyertaan modal investasi daerah Rp 37 miliar dan pembayaran pokok utang Rp35 miliar. 

"Sehingga jumlah pengeluaran pembiayaan Rp 72 miliar lebih. Pembiayaan neto 37 miliar, silpa tahun berkenaan Rp 0," ungkap Agusman Arif.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dalam tanggapannya bakal segera mengirimkan hasil Putusan Paripurna tersebut kepada Gubernur Lampung.

BACA JUGA:Kejari Mesuji Tetapkan Dua Orang Tersangka dalam Pembangunan Terminal Tipe C

Eva juga mengatakan, pihaknya optimis pencapaian dari anggaran yang ditargetkan akan teralisasi seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

"Insya Allah, kita harus optimis biar semangat. Apalagi semua sudah dalam keadaan baik dan lancar. Dan harapan kita apa yang sudah ditetapkan ini bisa berjalan dengan mulus," kata Bunda Eva.

Saat ditanya soal peningkatan pendidikan di Kota Bandar Lampung, Eva menyebut bahwa selain program Biling atau Bina Lingkungan, pihaknya akan menambah bantuan beasiswa kepada siswa SMA-SMK --supaya tidak putus kuliah. 

"Dengan ada beasiswa untuk anak yang masuk SMA/SMK dan Perguruan Tinggi, insya Allah kita bantu, sudah ada dananya," ucapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: