Biochar sebagai Media Tumbuh Bibit Kakao

Biochar sebagai Media Tumbuh Bibit Kakao

ilustrasi kakao. Biochar sebagai Media Tumbuh Bibit Kakao--gencraft.com

Oleh

Dedy Prasetyo, S.P., M.Si.

Liska Mutiara, S.P., M.Si.

Dr. Ir. Rusdi Evizal, M.S.

Fakultas Pertanian Universitas Lampung

 

RADARLAMPUNG.CO.ID-Tim dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung atau Unila telah memberikan pelatihan Plant Growth Promoting Bacteria (PGPR) kepada para petani kakao di Desa Sidomulyo, Tanggamus.

Diketuai Dedy Prasetyo, S.P., M.Si., kegiatan tim beranggotakan Liska Mutiara, S.P., M.Si. dan Dr. Ir. Rusdi Evizal, M.S. belum lama ini menjadi bagian dari pengabdian kepada masyarakat (PKM).

PGPR, jelas Dedy, merupakan sekumpulan mikroba bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman dan sebagai bahan pengaya biochar untuk bahan media tanam.

BACA JUGA:Eco enzyme Solusi Efektif Kurangi Jumlah Sampah Makanan

Menurutnya pelatihan di Desa Sidomulyo sangat tepat karena mayoritas warganya bekerja sebagai petani perkebunan di antaranya kakao. 

Di mana bibit kakaonya,  lanjut Dedy, diusahakan sendiri petani dengan metode stek. ”Nah, kualitas bibit kakao itu dapat ditingkatkan dengan menggunakan media tanam yang tepat. Misalnya memanfaatkan PGPR dan biochar,” kata Dedy. 

Lebih lanjut, Dedy menjelaskan bahwa PGPR berasal dari sumberdaya hayati lokal seperti akar bambu. Sedangkan, biochar berasal dari sekam padi. 

BACA JUGA:Segera Rilis di Indonesia, Cek Spesifikasi dan Kelebihan HP Realme C67 Terbaru 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: