HKN 2023, YJI Bersama Pemkab Pesawaran Gelar Pemeriksaan Pap Smear

HKN 2023, YJI Bersama Pemkab Pesawaran Gelar Pemeriksaan Pap Smear

Ketua YJI Pesawaran Nanda Indira meninjau kegiatan Pap Smear di RSUD Pesawaran.-Foto Prokopim Pemkab Pesawaran -

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran bekerjasama dengan BPJS, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dan Kimia Farma gelar pemeriksaan Pap Smear di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional 2023.

Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kabupaten Pesawaran Nanda Indira mengatakan, pihaknya menginisiasi pemeriksaan Pap Smear bagi wanita terutama yang berusia 21-65 tahun.

"Pemeriksaan Pap Smear dilakukan untuk melihat keberadaan sel kanker atau pra-kanker pada serviks pada wanita terlebih bagi yang telah aktif berhubungan seksual,"ungkap Nanda.

BACA JUGA:Jalani Sidang Perdana, Begini Kronologi Lengkap Juga Alasan Oknum Polisi Curi Mobil di MBK

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendeteksi dini potensi kanker serviks yang dipicu oleh infeksi Virus Human Papillomavirus (HPV). Virus ini, sambung Nanda, bisa menular lewat kontak kulit atau kontak seksual.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kaum wanita untuk mencegah lebih dini potensi kanker serviks,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Media Apriliana mengatakan, pihaknya mengajak 15 Puskesmas Pesawaran untuk mengirimkan 10 orang per puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan pap smear.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan itu seyogyanya dilakukan pada bulan lalu dengan bertepatan peringatan HKN di bulan November. 

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Komitmen Rawat Demokrasi, Singgung Ibu Ketua BEM UI yang Diperiksa Polisi

“Kegiatan ini bisa memiliki banyak manfaat, terlebih pemeriksaan pap smear yang dilaksanakan hari ini bisa diklaim menggunakan BPJS,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: