Simak! Begini Cara Mencuci Pakaian yang Benar Dengan Mesin Cuci Menurut Buya Yahya

Simak! Begini Cara Mencuci Pakaian yang Benar Dengan Mesin Cuci Menurut Buya Yahya

Cara mencuci pakaian yang benar menggunakan mesin cuci menurut Buya Yahya. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Simak cara mencuci pakaian menurut fiqih mesin cuci berikut ini, sebagaimana dijelaskan oleh Buya Yahya tentang hukum mencuci baju atau pakaian yang benar.

Banyak orang yang mungkin asal cemplung dalam mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci karena sifat praktisnya.

Padahal cara mencuci pakaian yang benar dalam pandangan agama Islam tidak seperti itu, karena terdapat hukum yang mengatur cara membersihkan pakaian yang kerap dianggap remeh ini.

Namun demikian hal ini justru salah dalam fiqih mesin cuci sebagaimana dijelaskan oleh Buya Yahya dalam salah satu ceramahnya.

BACA JUGA: Hukum Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci, Begini Penjelasan Buya Yahya

Menurut Buya Yahya, terdapat cara mencuci pakaian yang benar dan harusnya sudah mulai diterapkan khususnya umat Islam.

Buya Yahya menjelaskan dalam salah satu ceramahnya yang dipublikasikan melalui kanal YouTube Al Bahjah TV tentang fiqih mesin cuci.

Hal yang terpenting ketika mencuci pakaian dengan mesin cuci adalah pakaian yang dicuci tidak terkena Najis dalam bentuk apapun.

Adapun cara mencuci pakaian yang benar dalam Islam tidak dengan langsung memasukkan pakaian ke mesin cuci, akan tetapi harus dipilah-pilih dulu antara pakaian yang terkena Najis dan hanya sekadar kotor.

BACA JUGA: 4 Wakapolres Jajaran Polda Lampung Masuk Daftar Mutasi Polri Desember 2023

Penting diingat bahwa pakaian yang kotor saja dan terkena Najis itu berbeda. Dua hal ini memiliki perbedaan yang seringkali diremehkan padahal seharusnya tidak begitu tapi harus diperhatikan dengan benar.

“Kotor dengan Najis beda! Anda tidak pakai baju sebulan itu namanya kotor, dakinya full, tapi tidak Najis,”kata Buya Yahya dalam ceramahnya.

“Baju Anda bersih baru dicuci tapi kena kencing, biarpun tidak terlihat namanya Najis,”tegasnya.

Dalam mencuci pakaian yang ada najisnya maka harus dilihat juga dalam hal airnya, apakah air yang digunakan untuk mencuci itu sedikit atau banyak. Apalagi dalam mencuci pakaian menggunakan mesin cuci pastinya air yang digunakan terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: