Tiga Kecamatan di Kabupaten Pesawaran Jadi Lokus Imunisasi Rotavirus

Tiga Kecamatan di Kabupaten Pesawaran Jadi Lokus Imunisasi Rotavirus

Setelah Kecamatan Tegineneng, Pemerintah Kabupaten Pesawaran kembali memberikan imunisasi melalui Gebyar Imunisasi Rotavirus kepada masyarakat di Kecamatan Negeri Katon pada Kamis 11 Januari 2024.-Foto Prokopim Pesawaran -

RADARLAMPUNG.CO.ID - Setelah Kecamatan Tegineneng, Pemerintah Kabupaten Pesawaran kembali memberikan imunisasi melalui Gebyar Imunisasi Rotavirus kepada masyarakat di Kecamatan Negeri Katon pada Kamis 11 Januari 2024.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setdakab Pesawaran Joni Arizoni mengatakan, lokus Pemkab Pesawaran memberikan Imunisasi Rotavirus di tiga kecamatan se-Kabupaten Pesawaran. 

 "Kemarin di Tegineneng, hari ini di Negeri Katon dan besok di Kecamatan Marga Punduh," ungkap Joni saat berikan sambutan di Balai Desa Lumbirejo, Negeri Katon.

Dikatakan, Imunisasi Rotavirus diberikan kepada Bayi untuk mencegah stunting di Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:AKP Andri Gustami Berdalih Masuk Jaringan Fredy Pratama untuk Nyamar

Di mana, Imunisasi memiliki peran penting, selain dalam menurunkan angka kematian anak.

“ Selain itu juga menurunkan risiko anak untuk mengalami stunting," ucapnya.

Tercatat, anak dengan status imunisasi yang belum tuntas lebih berisiko mengalami stunting dibandingkan anak dengan status imunisasi lengkap.

Ia menjelaskan, pemberian imunisasi ini sesuai dengan rekomendasi WHO untuk melakukan pemberian imunisasi Rotavirus (RV) pada bayi di negara dengan tingkat kematian terkait Rotavirus Gastroenteritis (RVGE) yang tinggi.

BACA JUGA:Kunjungi Tanggamus Lampung, Direktur Kepelabuhan Kemenhub Bahas Rencana Pengoperasian Pelabuhan Batu Balai

Ia meminta imunisasi Rotavirus ini untuk lebih dikampanyekan kepada masyarakat.  

"Capaian Imunisasi RV ini harus lebih dikampanyekan kepada masyarakat untuk memberikan pengetahuan, terutama pentingnya imunisasi RV sebagai upaya pencegahan diare yang dapat berdampak stunting pada bayi," jelasnya.

Untuk itu pihaknya berharap dengan Gebyar Imunisasi semua bayi 2-4 bulan terimuniasi Rotavirus serta dapat mempercepat capaian Imunisai Rotavirus dengan target Nasional 100 persen.

“Semoga capaian sesuai dengan target, sehingga semua bayi dapat terimunisasi Rotavirus untuk mencegah penyakit Diare yang pada akhirnya bayi di Kabupaten Pesawaran akan terhindar dari stunting,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: