Desa Jaya Sakti Simpang Pematang jadi Langganan Banjir, BPBD: Sudah Dilakukan Normalisasi Sungai

Desa Jaya Sakti Simpang Pematang jadi Langganan Banjir, BPBD: Sudah Dilakukan Normalisasi Sungai

Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS MS) bersama Pemerintah Kabupaten Mesuji mulai melakukan normalisasi Sungai. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengklaim telah menormalisasi sungai di Kecamatan Simpang Pematang bersama Balai Besar Wilayah sungai Mesuji Sekampung (BBWSMS).

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Mesuji Budiman Nainggolan untuk menanggapi Desa Jaya Sakti, Kecamatan Simpang Pematang yang kerap jadi langganan banjir.

"Benar, Desa Jaya Sakti kembali banjir. Kemarin namun tidak separah pada minggu lalu. Ini juga telah dilakukan normalisasi sungai," ujarnya, pada Kamis 25 Januari 2024. 

BACA JUGA:Pasar Natar Mulai Dibangun, Zulhas Pesan Utamakan Pedagang Lama

Walaupun antisipasi banjir tidak dapat dielakkan, normalisasi sungai telah mengurangi dampak banjir di wilayah Kecamatan Simpang Pematang.

Misalnya saja, wilayah di Desa Simpang Pematang tidak terjadi banjir kembali seusai dilakukan normalisasi sungai.

"Wilayah Desa Simpang Pematang dekat MTs itu kan hari ini tidak banjir. Tetapi untuk Desa Jaya Sakti memang tanggulnya sempat meluap kemarin, tetapi sudah surut kembali," jelasnya.

BACA JUGA:Mahfud MD Terima Gelar Adat Lampung 'Batin Perkasa Saibani Niti Hukum'

Ia mengaku, normalisasi sungai masih dilakukan oleh BBWSMS, khususnya memperbaiki tanggul di Desa Jaya Sakti, Kecamatan Simpang Pematang.

"Normalisasi dan pemasangan geobag masih berlanjut di Kecamatan Simpang Pematang," imbuhnya.

Menurutnya Bencana banjir yang terjadi di Simpang Pematang berasal dari hulu sungai di wilayah Register 45. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: