Anak Susah Tidur? Jangan Khawatir Bun, Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Anak Susah Tidur? Jangan Khawatir Bun, Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Ilustrasi anak tidur.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Satu lagi hal yang dapat membuat orang tua khawatir apabila terjadi pada anak adalah Insomnia.

Kondisi ini akan mengganggu proses tumbuh kembang kemampun berpikir dan membuat si kecil kelelahan karena mempunyai gangguan tidur atau insomnia.

Seperti diketahui, tidur panjang sangatlah dibutuhkan bagi anak yang baru lahir hingga ketika sedang menjalani proses tumbuh kembang otak.

Bayi mempunyai siklus tidur panjang, yakni 16-20 jam seharinya. Sedangkan di usia keemasan yakni dua tahun anak harus tidur lebih dari 10 jam sehari.

BACA JUGA:Bangun Ekonomi Inklusif, Desa Padang Panjang Gandeng Agen BRILink

Bila tak dapat tidur dengan nyenyak atau bahkan kesulitan tidur, anak biasanya akan mudah lelah dan gampang menangis.

Tentu hal ini sangat tidak nyaman bila terjadi pada salah satu anak bunda. Rasa iba dan sedih jadi satu ketika si kecil tak dapat memejamkan mata atau hanya bisa beberapa jam saja dari waktu yang seharusnya.

Nah, bila anak bunda sedang mengalami hal ini, radarlampung.co.id mempunyai beberapa saran yang dapat dilakukan ketika si kecil insomnia, sebagaimana dikutip dari berbagai laman kesehatan.

1. Buat Waktu Tidur Disiplin

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Indonesia Dengan Nama Unik Yang Patut Anda Eksplor, Dari Candi hingga Gua Pocong

Bunda dengan anak usia keemasan bisa membuat jadwal tidur yang harus dilakukan tepat waktu dan tidak mengulur-ngulurnya karena alasan apapun.

Pada bayi yang habis lahir misalnya, pukul 09.00 WIB selesai mandi lalu mengASIhi bunda bisa langsung menidurkannya.

Begitu juga dengan toddler yang usianya 2 tahun pukul 11.00 WIB harus sudah tidur.

Dilanjutkan tidur kedua pada pukul 14.00 WIB dan tidur malam pukul 19.30 WIB.

BACA JUGA:Daftar Lokasi Seblak Enak di Bandar Lampung, Kuliner Legendaris Jawa Barat Ini Cocok Disantap Saat Musim Hujan

2. Kamar Tidur Yang Nyaman

Sebelum tidur sudah seharusnya bunda membersihkan dahulu tempat tidur supaya tidak ada kotoran dan serangga yang mampu membuat si kecil tidak nyaman hingga gatal-gatal.

Lalu jangan lupa matikan TV, dan gadget. Hidupkan AC bila perlu, di mana anak sendiri biasanya tidak nyaman dengan kondisi kamar yang panas dan pengap atau berisik.

3. Rutinitas Tidur

BACA JUGA:Diguyur Hujan, Pondasi Pembangunan Gedung BPKHTL Roboh Timpa Rumah Warga

Kebiasaan tidur yang baik juga bisa dimulai dengan merutinitaskan si kecil, misal saja cuci kaki sebelum tidur, menggosok gigi hingga berdoa kepada Tuhan.

Stimulus ini akan membuat otak anak terbiasa, di mana ketika rutinitas itu dilakukan maka hal ini pertanda jika waktu tidur akan segera tiba.

4. Bacakan Dongeng

Membuat si kecil fokus pada satu hal adalah cara jitu untuk mengatasi gangguan tidur, biasakan pikiran anak dalam keadaan rileks dan bahagia.

BACA JUGA:Persoalan Guru dan Siswa Tak Harus Dibawa ke Ranah Hukum

Bunda bisa memulainya dengan memberikan bacaan ringan seperti dongeng, ataupun membaca gambar besar secara bersama-sama sampai terlelap.

5. Minum Susu

Biasanya Toddler yang sudah selesai ASI selama dua tahun, tidak sendikit Bunda yang menambahkan susu pertumbuhan untuk si kecil.

Kebiasaan minum susu sebelum tidur dapat membuat anak cepat mengantuk dan tidur, namun bunda harus pastikan anak tidak menggunakan dot untuk meminumnya.

BACA JUGA:Polres Pringsewu Lampung Musnahkan Knalpot Brong

Hal ini bisa saja mengundang kuman dan membuat gigi anak menjadi karies karena kandungan susu yang manis, jadi pastikan selalu sikat gigi dengan rutin ya setiap mengkonsumsinya. Semoga terbantu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: