Tujuh Perioritas dan Sasaran Pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2025

Tujuh Perioritas dan Sasaran Pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2025

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung gelar Forum Konsultasi Publik dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung tahun 2025 bertempat di Ballroom Hotel Emersia, pada Selasa 6 Februari 2024.---Sumber foto: diskominfo lampung.--

BACA JUGA:Rahasia Pelindung Rumah Dari Kejahatan Alam Ghaib Menurut Syekh Ali Jaber

Tingkat inflasinya 2,5 plus minus 1 persen. PDRB perkapita ADHA 49 sampai 52 juta. Tingkat pengangguran terbuka ditarget 4,28 persen, tingkat kemiskinan 10,40 persen.

Indeks pembangunan manusia 72,97. Indeks gini 0,282 sampai dengan 0,293. Nilai tukar petani 106,3 sampai dengan 107,3. Kemantapan jalan di provinsi Lampung mencapai 80 persen dan penurunan emisi gas rumah kaca 7,24.

Elvira Umihanni menyampaikan ada tujuh perioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung di tahun 2025.

Prioritas pertama berupa meningkatkan pertumbuhan ekonomi sektor unggulan, meningkatnya penerapan tenaga kerja, meningkatnya iklim investasi dan usaha dan meningkatnya daya beli masyarakat.

BACA JUGA:Keluhkan Penolakan Pasien di IGD RSUD Ahmad Yani Metro, Korban Bakal Laporkan ke Ombudsman

Prioritas dua untuk meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, meningkatnya aksesibilitas dan kualitas pendidikan, meningkatnya pemenuhan hak dan perlindungan anak, meningkatnya budaya gemar membaca di masyarakat, mendekati peran serta pemuda dalam pembangunan dan meningkatnya pengarusutamaan gender.

Prioritas tiga untuk pengembangan sektor UMKM, menurunnya wilayah kantong kemiskinan dan meningkatnya kualitas jaminan sosial bagi masyarakat miskin. 

Prioritas empat untuk meningkatnya kualitas jalan, meningkatnya konektivitas transportasi, mendekati ketahanan energi, meningkatnya kualitas jaringan irigasi dan meningkatnya permukiman layak huni.

Prioritas kelima untuk meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan daerah, meningkatnya sistem pengendalian intern pemerintah, meningkatnya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, mendekati pelayanan publik prima, meningkatnya kualitas implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik, meningkatnya kualitas pengeluaran arsip digital dan peningkatan penguatan implementasi sistem merit.

BACA JUGA:Jembatan Putus di Desa Adi Mulyo Mulai Diperbaiki oleh PUPR Mesuji

Prioritas enam untuk meningkatnya kerukunan umat beragama, meningkatnya kehidupan masyarakat yang berbudaya dan meningkatnya stabilitas dan keamanan daerah. 

Prioritas tujuh untuk meningkatnya kualitas lingkungan hidup dan meningkatnya mitigasi, kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana.

Lebih lanjut, Elvira Umihanni menyampaikan arah kebijakan pembangunan infrastruktur prioritas. Mulai dari pembangunan kawasan industri di Tanggamus, Way Pisang, Tegineneng dan Katibung.

Pengembangan Terminal Batan Subing di gerbang tol Terbanggi Besar. Pengaktifan Pelabuhan Tanah merah, sentra produksi udang eks Dipasena, sport center exhibition dan Kota Baru, jalan tol Lematang-Pelabuhan panjang dan KAIL, sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Lampung, pembangunan masjid raya Provinsi Lampung, hingga Bakauheni Harbour City (BHC). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: