RSUDAM Satu-Satunya Rumah Sakit di Lampung Yang Memiliki Pelayanan Radioterapi Dengan Nuklir

RSUDAM Satu-Satunya Rumah Sakit di Lampung Yang Memiliki Pelayanan Radioterapi Dengan Nuklir

RSUDAM melik layanan Radioterapi dibawah instalasi Onkologi yang satu-satunya di Lampung.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung saat ini telah memiliki fasilitas Radioterapi yang canggih dan baru satu-satunya di Lampung.

Radioterapi merupakan terapi menggunakan radiasi dengan modalitas dalam pelaksanaan penataan kanker menggunakan sinar pengion berenergi sangat tinggi yang ditargetkan membunuh sel kanker.

Radioterapi dapat digunakan untuk hampir semua penyakit kangker, tergantung dari jenis sel kanker dan stadium penyakitnya.

Humas RSUDAM Sabta Putra mengatakan, layanan Radioterapi di RSUDAM ini berada di bawah layanan Instalasi Onkologi radiasi.

BACA JUGA:Peringatan Hari Kanker Sedunia, RSUDAM Berbagai Informasi dan Tingkatkan Kesadaran

Layanan Radioterapi dilengkapi dengan berbagai alat-alat canggih yang baru satu-satunya di Lampung menggunakan nuklir mulai dari Linear Accelerator (Linac).

Linac merupakan alat radiasi ekternal yang sudah memiliki teknik penyinaran tiga dimensi dan IMRT.

Sehingga, kata Sabta Putra, target radiasi dapat tepat sasaran, akurat, dan mendapatkan dosis yang sesuai dengan bentuk target juga seragam diseluruh target radiasi.

"Dengan alat ini kanker akan mendapatkan dosis sebesar-besarnya dan organ di sekitar yang normal mendapat dosis seminim mungkin," ujar Sabta Putra.

BACA JUGA:Pengunjung Dapat Manfaatkan Taman Healing RSUDAM Untuk Bersantai

Kemudian, lanjut Sabta Putra RSUDAM memiliki fasilitas Brakhiterapi untuk pasien kanker rahim dan kanker leher rahim.

"Menggunakan Brakhiterapi ini sumber radiasi bisa diberikan sangat dekat dengan target kanker. Sehingga dosis yang diberikan ke kanker lebih tinggi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: