Belasan Caleg di Lampung Barat Diprediksi ‘Tumbangkan’ Incumbent, Ini Nama-namanya

Belasan Caleg di Lampung Barat Diprediksi ‘Tumbangkan’ Incumbent, Ini Nama-namanya

Belasan Caleg di Lampung Barat Diprediksi ‘Tumbangkan’ Incumben, Ini Nama-namanya--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dari 35 Calon legislatif (Caleg) Kabupaten Lampung Barat, hasil pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Lampung Barat yang diprediksi akan menduduki kursi DPRD Lambar untuk periode 2024-2029.

Terdapat 14 diantaranya wajah baru termasuk beberapa diantaranya berhasil menumbangkan incumbent.

Ke-14  wajah baru, tersebut tersebar di 15 daerah pemilihan (Dapil), untuk Dapil I (Balikbukit, Sukau dan Lumbokseminung) ada nama Bambang Kusmanto dari Partai Nasional Demokrat (NasDem), Syukur dari Partai Golongan Karya (Golkar), dan Feri Saputra dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Lalu, untuk Dapil II (Batubrak, Belalau, Batuketulis) terdapat nama Herpin dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Ismet Liza dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

BACA JUGA:NasDem Dukung Eva Dwiana Kembali Maju Pilwakot Bandar Lampung

Kemudian untuk Dapil III (Sekincau, Pagardewa, Waytenong) ada nama Sumarmin, Yogi Mandala dari PDIP, Harun Roni yang juga mantan anggota DPRD Lambar periode 2014-2019 kembali berhasil mencatatkan namanya melalui PKS, selanjutnya Jafar Sodiq dari  PKB.

Pada Dapil IV (Sumberjaya, Kebuntebu, Gedungsurian, Airhitam) terdapat nama AF Yogi Amijaya dari PDIP, Ali Justaqim PKB, Prayitno dari PDIP. Terakhir Dapil  V (Suoh dan Bandar Negeri Suoh) terdapat dua wajah baru yakni Mistiana dari PDIP dan Dinarianti dari Partai Demokrat.

Untuk diketahui, diantara Caleg yang diprediksi berhasil menumbangkan incumbent tersebut, beberapa diantaranya merupakan Caleg gagal terpilih pada Pileg 2019, dan berhasil keluar dari ‘kutukan’.

Dimana Pileg 2024 ini berhasil meraih simpatik rakyat hingga mendulang suara hingga diyakini cukup menghantarkan menuju gedung eksekutif.

BACA JUGA:Wali Kota Minta Jajarannya Tindak Lanjuti Dugaan Praktik Prostitusi di PMD

Meski prediksi Caleg Lambar terpilih berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 oleh KPU Lambar sudah terlanjutr tersebar.

Namun KPU Lambar menegaskan, bahwa pihaknya belum melakukan prankingan, terlebih menetapkan  Caleg terpilih sebagaimana data tersebar.

”Kita baru saja menyelesaikan pleno tingkat kabupaten, dan ditindaklanjuti dengan dilakukan pencermatan, kemudian penandatangan BA (berita acara) hasil pleno, kemudian pukul 03.00 Wib pada Selasa 5 Maret 2024 kami menyerahkan hasil tersebut ke provinsi,” ungkap Komisioner KPU Lambar Divisi Teknis Penyelenggaraan pemilu Syarif Ediansyah, mendampingi Ketua  KPU Arip Sah.

Menurutnya, tahapan penetapan  Caleg terpilih masih cukup panjang, dimana setelah diserahkan ke provinsi, maka akan dilakukan pleno di tingkat provinsi, dan dilanjutkan pleno di tingkat nasional, ketika nantinya tidak ada persoalan maka baru menunggu petunjuk lebih lanjut untuk penetapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: