Niat, Bacaan dan Keutamaan Sholat Dhuha Sebagai Pembuka Rezeki Penuh Berkah di Bulan Ramadhan

Niat, Bacaan dan Keutamaan Sholat Dhuha Sebagai Pembuka Rezeki Penuh Berkah di Bulan Ramadhan

Sholat sunnah Dhuha. ILUSTRASI/FREEPIK--

BACA JUGA:4 Menu Sahur untuk Lansia Agar Puasa Ramadhan Lancar dan Kuat Sampai Berbuka

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang,” (HR Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ad Darimi. Syaikh Al Albani dan Syaikh Ayu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda dalam hadits lain:“Barangsiapa yang membiasakan (menjaga) salat Dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan,” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

Di sisi lain, Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa ibadah sholat Dhuha itu tidak harus dikerjakan delapan rakaat, enam rakaat maupun empat rakaat.

Apabila ada seorang Muslimin wal Muslimah yang menyempatkan diri untuk mengerjakan dua rakaat pun sebenarnya itu sudah cukup. Menurut beliau yang terpenting adalah mendirikannya.

BACA JUGA:Jelang Tayang, Film Troll Factory yang Dibintangi Son Suk Ku Rilis Poster Karakter Utama

Mendirikan salat sunnah Dhuha pun tak serta-merta harus membaca dengan Surat Ad-Dhuha padahal orang yang sudah berniat mendirikannya itu tidak hafal.

Apabila hanya hafal pada tiga surat Qul (Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas), maka tidak apa-apa membaca itu saja.

“Salat Dhuha kesempatan tidak harus delapan rakaat, tidak harus enam rakaat, tidak harus empat rakaat, dua rakaat. Dan tidak harus membaca wasyamsi wadhuha”kata Syekh Ali Jaber menjelaskan.

“Banyak jemaah curhat kepada saya, keluhannya apa saya tanya. Saya ingin salat Dhuha tapi saya tidak hafal wasyamsi wadhuha,”ungkap Syekh Ali Jaber.

BACA JUGA:5 Bacaan Doa yang Penting Dihafal saat Bulan Ramadhan

“Masa gara-gara tidak hafal tidak salat Dhuha, walaupun tidak hafal baca qulhu, asal Dhuha terjaga,”tegasnya.

Demikian penjelasan tadi berkaitan dengan kajian Islam tentang niat, bacaan dan keutamaan sholat sunnah Dhuha. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: