Jadikan Lampung Lumbung Ternak Nasional, Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Tingkatkan Kerja Sama

Jadikan Lampung Lumbung Ternak Nasional, Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Tingkatkan Kerja Sama

Gubernur Arinal membuka Musrenbang Peternakan Lampung tahun 2024, Kamis 18 April 2024. Sumber Foto: Biro Adpim Lampung--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak semua pihak bahu membahu meningkatkan kerjasama dan koordinasi guna menjadikan Lampung lumbung ternak nasional.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Arinal saat membuka Musrenbang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung 2024, yang berlangsung, pada Kamis 18 April 2024.

Kata Gubernur Arinal, keberhasilan pembangunan peternakan Lampung sangat erat kaitannya dengan keikutsertaan, dukungan, dan peran aktif semua pihak. 

Untuk itu, mari bersama bahu membahu meningkatkan kerjasama dan koordinasi sehingga menjadikan Lampung sebagai lumbung ternak nasional dan rakyat Lampung Berjaya.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung Gelar Pelayanan Eazy Passport di SMP Fransiskus Tanjung Karang

Ia menyampaikan, program Pemprov Lampung mewujudkan Visi Rakyat Lampung Berjaya, sektor pertanian sub sektor peternakan tertuang dalam Misi kelima, yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan.

Untuk mewujudkan misi tersebut, jelas Gubernur Arinal, ada beberapa program sektor pertanian yang ada dalam janji kerja gubernur.

Di antaranya, meningkatkan produktivitas dan nilai tambah ekonomi untuk komoditas tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan, dan hutan kemasyarakatan melalui program subsidi, insentif, fasilitasi pemasaran, fasilitasi permodalan, fasilitasi inovasi dan teknologi produksi, penyediaan saprodi dan alsintan.

Kemudian, membangun dan mengembangkan sentra pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, dan peternakan), sentra industri kecil, kawasan industri menengah dan besar, serta sentra pariwisata.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung Gelar Pelayanan Eazy Passport di SMP Fransiskus Tanjung Karang

Lanjut Gubernur Arinal, Musrenbang yang dilaksanakan ini merupakan forum musyawarah agenda tahunan dalam rangka menyiapkan rencana prioritas kegiatan tahun anggaran 2025 di wilayah Provinsi Lampung.

Dari segi populasi pencapaian, Provinsi Lampung tahun 2022 dan 2023, disampaikan Gubernur Arinal, populasi sapi dan kerbau sebanyak 775.027 ekor. 

Berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2023, Lampung peringkat 5 Nasional dan peringkat 1 se-Sumatera.

Populasi kambing tahun 2022 sebanyak 1.623.358 ekor peringkat 3 Nasional dan 1 se-Sumatera; populasi ayam ras pedaging tahun 2022 sebanyak 91.688.088 ekor peringkat 8 Nasional dan 3 se-Sumatera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: