WALHI Lampung Nilai Arinal Djunaidi Belum Perioritaskan Isu Lingkungan

WALHI Lampung Nilai Arinal Djunaidi Belum Perioritaskan Isu Lingkungan

Ilustrasi pencemaran lingkungan.-Pixabay-

Hal itu tentunya sudah mengangkangi PERDA RZWP3K Provinsi Lampung yang tidak ada ruang Tambang di Wilayah Pesisir Lampung Kecuali untuk Minyak dan Gas bumi di Lampung Timur.

BACA JUGA:Lolos Seleksi Festival Budaya Youth of Indonesia FKPT Lampung, 10 Peserta Bakal Tampil di Taman Budaya

Seharusnya, kata dia, Pemprov Lampung bersikap tegas dan bijaksana dalam mengelola sumber daya alam yang ada di Provinsi Lampung dengan mengelola SDA yang berkelanjutan dan berkeadilan bukan menjadikan SDA hanya sebagai objek untuk dieksploitasi tapi dilakukan dengan pemanfaatan dan pengembangan yang berkelanjutan dan melibatkan masyarakat sekitar.

Apa lagi, lanjut dia, sekarang telah muncul PP 26 Tahun 2023 tentang pengelolaan sedimentasi di laut yang dinilai mengancam keberlangsungan laut lampung dan memicu maraknya izin tambang pasir laut dilampung.

Lahirnya PP 26 tersebut, lanjut dia, harusnya menjadi perhatian khusus pemerintah provinsi lampung sebagai kepala daerah yang lebih memahami potensi daerah terkait sumber daya alam lampung dalam upaya perlindungan dan pengelolaan SDA yang berkelanjutan tentunya harus ada sikap yang tegas karena Peraturan ini berpotensi merusak kawasan pesisir dan mengancam kehidupan para nelayan. 

Bahwa perairan Pesisir Timur merupakan lumbung perikanan: Provinsi Lampung merupakan salah satu penghasil rajungan utama di Indonesia.

BACA JUGA:Kunjungi Lampung, Kepala Sekretariat KNEKS Ulas Potensi Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Syariah

Disebutkan, secara nasional pada tahun 2019-2020, Lampung berkontribusi sekitar 10-12 persen dari total ekspor Indonesia, dimana Lampung menempati urutan ke tiga setelah Jawa Timur dan Jawa Tengah (BKIPM, 2021). 

Daerah penghasil utama rajungan Lampung terletak di pesisir timur Lampung meliputi 3 kabupaten yaitu Lampung Timur, Lampung Tengah dan Tulang Bawang dengan nilai ekspor Rajungan dari Pesisir Timur Lampung sejumlah 500 miliar.

Kegiatan ini nantinya akan menimbulkan dampak terhadap Jumlah Nelayan dan Masyarakat yang tergantung pada kegiatan perikanan rajungan sekitar 1.100 kapal nelayan kecil dengan ukuran kapal kurang dari 5 GT dan menggunakan alat tangkap utama jaring dan sebagian kecil bubu.

Jumlah total nelayan rajungan di Lampung sekitar 4.000 orang. Di sektor hilir, kegiatan pasca panen perikanan rajungan melibatkan lebih dari 2.000 orang pekerja yang bekerja di lebih 20 unit miniplant rajungan dan 5 unit pengolahan ikan (UPI) sekaligus sebagai eksportir rajungan. 

BACA JUGA:Rekomendasi Bisnis Franchise Dukungan Kredit BRIguna, Cek Disini!

Keseluruhan miniplant tersebut terletak di desa-desa pusat pendaratan rajungan dan merupakan UMKM yang memperkerjakan sebagian besar tenaga kerja perempuan tentu ini harus menjadi pertimbangan oleh negara dalam mengambil keputusan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: