FGD Lampung Sejahtera Menuju Indonesia Emas: Bahas Pemerintahan, Layanan Publik dan Perencanaan Wilayah

FGD Lampung Sejahtera Menuju Indonesia Emas: Bahas Pemerintahan, Layanan Publik dan Perencanaan Wilayah

Focus Group Discussion (FGD) bertema "Lampung Sejahtera Menuju Indonesia Emas 2045" kembali digelar di Hotel Sheraton, Bandar Lampung, pada hari kedua dengan fokus pada topik pemerintahan, layanan publik, dan perencanaan wilayah.--

BACA JUGA: Idul Adha, Harga Sembako di Mesuji Dipastikan Stabil

"Kita memerlukan perubahan mindset dalam tata kelola pemerintahan dan model pembangunan yang tidak hanya terpusat di kota Bandar Lampung," kata Syarief Makhya.

Sementara itu, budayawan Anshori Djausal menekankan pentingnya kebijakan berbasis budaya di Lampung. Ia menyatakan bahwa kurangnya perhatian pada budaya lokal mengakibatkan penurunan nilai-nilai budaya di kalangan generasi muda.

"Pemerintah harus peduli dan melakukan penanaman nilai budaya masyarakat Lampung untuk memperkuat kebudayaan lokal," kata Anshori Djausal.

Citra Persada dari Ikatan Ahli Perencana menyoroti pentingnya konsistensi visi misi meskipun terjadi pergantian pemimpin. Ia menekankan bahwa RTRW harus menjadi pijakan dalam RPJP.

BACA JUGA:Miliki 51 Butir Pil Inex, Pemuda Asal Banten di Ciduk Satresnarkoba Polres Mesuji

"Pembangunan harus memperhatikan efek multiplier dan konektivitas wilayah perbatasan yang berpotensi kemiskinan," ujarnya.

Selain itu, Citra juga mengusulkan perlunya penerapan green economic dan blue economic yang ramah lingkungan, serta pembangunan berbasis ekologi untuk pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

"Tata kelola pemerintahan harus berbasis humanity government dan culture government," tambahnya.

Dr. Faurani I Santi Singagerda, ketua penyelenggara FGD, menutup sesi dengan menyatakan bahwa banyak masukan membangun yang telah dicatat dari FGD ini.

BACA JUGA:Tak Kapok, Simpan 5 Paket Sabu Siap Edar, Residivis Narkoba di Bandar Lampung Kembali Tertangkap

"Hasil FGD bukan hanya diskusi, tetapi akan menjadi catatan rekomendasi yang bermanfaat bagi kita semua, khususnya warga Lampung," tutupnya.

FGD Lampung Sejahtera Menuju Indonesia Emas 2045 diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi yang konkret dan dapat diimplementasikan untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, dengan Provinsi Lampung sebagai salah satu motor penggeraknya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: