Klaim Sumbatan Sampah Jadi Penyebab Banjir, DLH Minta Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

Klaim Sumbatan Sampah Jadi Penyebab Banjir, DLH Minta Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

Ilustrasi Banjir Beberapa waktu lalu di Bandarlampung.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebelum musim hujan tiba dan menyebabkan berbagai dampak yang ditimbulkan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Plh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung Veny Debialesti mengklain bahwa sampah adalah salah satu masalah yang kerap menyebabkan resiko banjir di Kota Tapis Berseri ketika hujan deras tiba.

Menurutnya, sampah yang dibuang secara sembarangan sudah tentu akan mengotori sekaligus menghambat aliran sungai.

"Tidak jarang hal ini menjadikan irigasi tidak berjalan dengan baik. Arus yang seharusnya lancar menjadi terhambat hingga air itu meluap dan terjadi banjir, " katanya.

BACA JUGA:Sirekap Tetap Digunakan Dalam Pilkada 2024, KPU Bandar Lampung Tegaskan akan Fokus Pada Peningkatan SDM

Menurutnya, sejauh ini selain membersihkan sungai ketika musim kemarau, pihaknya juga selalu melakukan edukasi kepada masyarakat akan dampak dari membuang sampah tidak pada tempatnya.

Lntaran bencana banjir ini adalah masalah bersama, menurutnya jalan keluarnya pun harus dicarikan secara bersama-sama.

"Ini merupakan masalah bersama yang harus diselesaikan bersama pula. Resiko banjir bisa kita kurangi dengan merubah kebiasaan buang sampah yang tidak pada tempatnya menjadi pada tempatnya," imbuhnya.

Oleh karenanya sebelum musim penghujan tersebut tiba pihaknya mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan, dimulai dari hal kecil dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: