Tanggulangi Masalah Banjir, Pemkot Metro Segera Benahi Infrastruktur

Tanggulangi Masalah Banjir, Pemkot Metro Segera Benahi Infrastruktur

FOTO DOK. RADAR LAMPUNG - Plt. Kepala Dinas PUTR Kota Metro Robby K Saputra.--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Metro, Provinsi Lampung, berencana melakukan pembenahan infrastruktur.

Terutama pembenahan infrastruktur yang diduga menjadi penyebab banjir di sejumlah wilayah di Kota Metro.

Plt. Kepala Dinas PUTR Kota Metro Robby K Saputra mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah untuk menangani persoalan banjir.

Antara lain, langkah darurat atau jangka pendek, langkah menengah, dan langkah jangka panjang.

BACA JUGA:Evaluasi Pemberian Tambahan Tunjangan Penghasilan bagi ASN, Wali Kota Metro Akan Terapkan Sistem Skor

“Untuk jangka pendek ini, nanti saya akan panggil dunia pengairan apa yang bisa diperbuat di sana. Nah nanti kalau sudah ter-cover pagunya, akan kita laksanakan," katanya Selasa 4 Oktober 2022.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengupayakan perbaikan infrastruktur saluran irigasi yang melewati kawasan tersebut.

“Apakah itu nanti pinggir saluran kita lepo luar atau lepo dalam. Dari informasi yang kita dapat, air itu tidak meluap melampaui tingginya saluran tapi airnya merembes melewati dinding-dinding,“ paparnya.

Untuk dapat menjalani rencana tersebut, pihaknya sedang melakukan pemetaan anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan tersebut.

BACA JUGA:Catat Ini, Mall Pelayanan Publik Kota Metro Harus Ramah bagi Penyandang Disabilitas

"Nanti kita hitung kebutuhan biayanya. Lalu kita tangani dari bidang pengairan. Kalau untuk waktu kita belum bisa bilang, yang pasti secepatnya," pungkasnya.

Terkait masalah banjir di wilayah Yosorejo, Jalan Gunung Lawu, yang juga sudah menjadi daerah rawan banjir, pihaknya pun sudah turun langsung mengecek lokasi tersebut.

"Saya bersama Lurah Yosorejo dan bersama warga yang terdampak banjir juga sudah melihat lokasi yang ditunjukkan. Kami melihat memang kondisi di situ perlu ada langkah penanganan darurat, yang salah satunya saya sebutkan tadi,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: