Jemaah Terakhir Tiba di Lampung, Penyelenggaraan Haji Tahun 2024 Dinilai Mumtaz

Minggu 21-07-2024,10:24 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kloter terakhir jemaah haji dari Provinsi Lampung tiba di Debarkasi Antara pada Minggu 21 Juli 2024 pukul 02.00 WIB dini hari.

Kepala Kantor Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo mengatakan, penyelenggaraan haji 1445 H/2024 Mumtaz, luar biasa dengan dengan adanya beberapa skema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Mulai dari akomodasi dan konsumsi tahun ini lebih baik, serta mekanisme murur dan tanazul memberikan kemudahan bagi jemaah lansia dan mengurangi kepadatan.

"Alhamdulillah, total sebanyak 7.276 jemaah haji asal Lampung telah berhasil menunaikan ibadah haji tahun ini," ujar Puji Raharjo melalui keterangan tertulisnya usai menyambut kedatangan jemaah haji terakhir Lampung.

BACA JUGA:Dapat Surat Tugas Dari DPP PDIP, Umar Ahmad Diberi Waktu Dua Minggu untuk Lakukan Ini

Kata Puji Raharjo, murur merupakan skema puncak haji di mana jemaah haji yang selesai wukuf di Arafah akan diangkut menggunakan bus melintas secara pelan melewati Muzdalifah dengan berdiam di dalamnya, tidak turun. 

Murur ini diprioritaskan bagi jemaah lansia dan risti.

Sementara Tanazul adalah pengajuan kepulangan lebih cepat dari jadwal yang seharusnya, ataupun pengunduran waktu pulang jemaah haji dari jadwal yang telah ditetapkan.

Tanazul ini dilakukan oleh jemaah lansia, sakit, atau alasan lain yang memenuhi kriteria laik terbang.

BACA JUGA:Sembunyikan Sabu Di Bawah Jok Motor, Warga Lampung Timur Digelandang ke Kantor Polisi

Selaku Kepala Staf Urusan Haji Provinsi Lampung, Puji Raharjo menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja sama semua pihak, khususnya Bapak Gubernur, Bupati, Wali Kota se-Provinsi Lampung, dan semua yang terlibat dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Provinsi Lampung.

Sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sukses mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan. 

"Semoga kerja keras dan keikhlasan bapak Ibu sekalian tercatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. Saya juga mendoakan seluruh jemaah mendapatkan haji mabrur serta selamat berkumpul kembali dengan keluarga di tanah air," tuturnya.

Kabid Haji dan Umroh Kemenag Lampung M. Ansori menambahkan, jumlah jemaah haji Lampung yang berangkat sebanyak 7.216 orang.

BACA JUGA:Resmi, Eva Dwiana dan Adi Erlansyah Dapat Rekomendasi Dari DPP Partai Demokrat

Kategori :