Iklan Bos Aca Header Detail

Bupati Tanggamus Launching Penyerahan Bantuan Operasional dan Pakaian Olahraga untuk Posyandu

Bupati Tanggamus Launching Penyerahan Bantuan Operasional dan Pakaian Olahraga untuk Posyandu

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Dewi Handajani me-launching penyerahan bantuan dana operasional serta pakaian olahraga bagi posyandu balita dan lansia. Penyerahan secara simbolis berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Pekon Gisting, Kecamatan Gisting, Selasa (14/7).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati AM. Syafi\'i, Ketua TP PKK Tanggamus Sri Nilawati, Plh. Sekkab Sukisno, Sekretaris Pokjanal Posyandu Tanggamus sekaligus Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Idham Khalid AZ, Kepala Dinas Kominfo Sabaruddin, Sekretaris Dinas PMD Suyanto, camat, kepala pekon serta pejabat dan kader posyandu.

Dewi Handajani menyatakan, penyerahan bantuan tersebut merupakan upaya membentuk dan mewujudkan keluarga sehat.

\"Saya berharap perempuan sebagai kader posyandu di Tanggamus bukan hanya sekedar ada. Tapi harus mampu menunjukkan kapasitasnya dalam melayani dan memberikan informasi yang tepat terhadap kesehatan serta kecukupan gizi anak, ibu hamil dan menyusui,\" kata Dewi Handajani

Terkait Gizi, Bunda Dewi--sapaan akrab Dewi Handajani--mengungkapkan, saat ini prevalensi stunting beberapa pekon masih cukup tinggi.

Stunting memiliki dampak buruk. Selain bentuk tubuh anak yang pendek, perkembangan otak anak stunting menurun sebanyak 30 persen dari anak normal.

\"Nah, pencegahan dan penanggulangan stunting tidak dapat dilakukan oleh satu sektor saja. Tetapi butuh peran dari berbagai sektor secara aktif. Termasuk ibu-ibu kader PKK dan posyandu,\" tegasnya.

\"Karena itu, mari kita bersama-sama  mengupayakan penurunan angka stunting di Tanggamus,\" imbuh Bunda Dewi.

Lebih jauh Dewi mengatakan, para kader posyandu diharapkan mampu memberikan informasi dan penyuluhan seputar kecukupan gizi dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) pada sasaran posyandu.

Apalagi di masa pandemi virus Corona saat ini. Tugas menyampaikan informasi dan sosialisasi terkait protokol kesehatan kepada masyarakat oleh kader, sangat dibutuhkan dan diharapkan.

\"Saya berharap penyerahan dana operasional Posyandu se-Tanggamus dan   pakaian olahraga kepada kader posyandu bisa membuat pelayanan kepada masyarakat, khususnya ibu hamil, balita dan lansia semakin maksimal,\" tandasnya.

Bantuan juga diharapkan dapat bermanfaat dan memotivasi kader untuk tetap aktif membantu penyelenggaraan posyandu. Sehingga dapat mempertahankan upaya-upaya pemberdayaan kader posyandu.

\"Mari kita ciptakan kebahagiaan di setiap keluarga yang ada di Tanggamus tercinta ini. Karena kebahagiaan keluarga merupakan awal baik dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang kuat, taat dan berkepribadian mulia serta cerdas di kemudian hari,\" pungkas Bunda Dewi.

Sementara Sekretaris Pokjanal Posyandu Tanggamus Idham Khalid dalam laporannya mengatakan, tujuan diberikan bantuan dana operasional posyandu balita dan lansia adalah untuk mendukung kegiatan yang ada di posyandu. Diharapkan kegiatan atau program-program yang ada dapat berjalan maksimal.

Penyerahan bantuan dana operasional posyandu selanjutnya akan dilakukan pada sembilan titik.

Seperti Kecamatan Wonosobo dan Bandarnegeri Semuong. Penyerahan bantuan dipusatkan di aula kecamatan Wonosobo.

Kemudian Kecamatan Kotaagung Timur, Kotaagung Pusat dan Kotaagung Barat, dipusatkan di aula Kecamatan Kotaagung.

Kecamatan Pulau Panggung dan Kecamatan Ulubelu dipusatkan di aula Kecamatan Pulau Panggung. Kecamatan Air Naningan di aula kecamatan Air Naningan.

Selanjutnya Kecamatan Semaka dan Pematang Sawa, pelaksanaan penyerahan bantuan dipusatkan di aula Kecamatan Semaka. Kecamatan Talang Padang dan Gunung Alip dipusatkan di aula Kecamatan Talang Padang. Untuk Kecamatan Limau dan Cukuh Balak dipusatkan di aula Kecamatan Limau. Selanjutnya Kecamatan Pugung dan Bulok dipusatkan di aula Kecamatan Pugung.

\"Terakhir, Kecamatan Kelumbayan Barat dan Kelumbayan dipusatkan di aula Kecamatan Kelumbayan Barat,\" terang Idham Khalid.

Idham menerangkan, di Tanggamus terdapat 1.093 posyandu balita dan lansia. Masing-masing mendapatkan bantuan dana operasional Rp750 ribu.

Pada bagian lain, Ketua TP PKK Tanggamus Sri Nilawati menuturkan, keberadaan posyandu yang tumbuh dan berkembang adalah suatu cermin peran serta TP PKK. Baik di tingkat pekon, kecamatan hingga kabupaten.

Posyandu di Tanggamus saat ini terdiri dari 687 posyandu balita dan 406 posyandu lansia. Dengan 4.888 kader yang terdiri dari kader posyandu balita 3.646 orang dan kader posyandu lansia 1.242 orang.

\"Saya berharap kader sebagai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat harus mampu menjadi pengelola posyandu dengan baik. Sebab kader yang paling memahami kondisi dan kebutuhan masyarakat diwilayahnya,\" tegas Sri Nilawati. (ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: