Iklan Bos Aca Header Detail

Alami Penyusutan Getah Karet, Petani di Mesuji Sebut Karena Cuaca Panas

Alami Penyusutan Getah Karet, Petani di Mesuji Sebut Karena Cuaca Panas

Getah karet di Mesuji alami penyusutan--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Petani karet di Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya Mesuji, menyebut berkurangnya produksi atau hasil getah karet mereka.

Penyusutan getah ini, diakibatkan cuaca panas yang terjadi dalam 1 pekan terakhir.

Ruslan (51) Salah satu Petani karet, mengatakan akibat cuaca panas, pohon karet yang disadapnya menjadi sedikit mengeluarkan getah.

Jika biasanya dalam sepekan dia dapat memanen getah karet sebanyak 55 Kilogram getah.

BACA JUGA:Buron sejak 2023, Pencuri Kabel Listrik PLN Akhirnya Ditangkap

BACA JUGA:Pj. Gubernur Samsudin Dukung Penuh Wacana Lampung-Banten Tuan Rumah PON XXIII

"Saat musim panas begini getah karet kami berkurang dikarenakan sedikitnya kadar air dalam tanah dan berimbas pada getah yang keluar dari batang karet. Cuaca panas kami rasakan dalam 1 minggu terakhir, pada Minggu lalu hasil timbangan getah karet kami bisa mencapai 55 kilogram dan di hari ini kami menjual hasil getah karet kami dengan timbangan seberat 38 kilogram," katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan, Wahyu (49) yang juga berprofesi sebagai petani karet di Desa ini, yang mana getah karet dari hasil sadapannya mengalami penyusutan. 

Selain itu, dia juga mengaku jika musim gugur daun pada pohon karet yang ada dikebunnya saat ini sudah tidak tentu lagi waktunya.

"Barusan saya menjual getah karet dengan berat 51 kilogram dan jika dibandingkan dengan hasil panen pada minggu lalu mencapai 60 kilogram. Terjadi penyusutan pada hasil getah karet kami sebanyak 8 kilogram, ini kami rasa karena cuaca yang cukup panas dalam sepekan terakhir," ungkapnya.

BACA JUGA:Spesialis Maling Kabel Tower di Tulang Bawang Akhirnya Ditangkap Polisi, Begini Modusnya

BACA JUGA:Rahmat Mirzani Djausal Jadi Cagub Pertama yang Didukung Projo

Data yang dihimpun radarlampung dari bagian Ekonomi dan pembangunan sekretariat Pemkab Mesuji  harga getah karet Rp.12.980 dengan kualitas karet kering mencapai 55 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: