Perda KLA Rampung, Winarti Berharap Berikan Banyak Manfaat untuk Anak

Perda KLA Rampung, Winarti Berharap Berikan Banyak Manfaat untuk Anak

RADARLAMPUNG.CO.ID - Setelah melalui proses cukup panjang, kajian yang matang, serta melibatkan tim ahli dan instansi terkait, akhirnya Raperda Kabupaten Layak Anak (KLA) Tulangbawang rampung.

Hal tersebut terlihat saat rapat paripurna DPRD Tulangbawang dalam rangka Pembicaraan Tingkat II Atas Raperda Tulangbawang tentang Kabupaten Layak Anak (KLA), di ruang rapat utama Kantor DPRD setempat, Kamis (20/2).

Bupati Tulangbawang Winarti mengatakan, Perda ini dibuat sebagai pedoman penyelenggaraan pemenuhan hak dan perlindungan bagi anak secara terencana, terpadu, dan sistematis, untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan.

\"Yang akan paling penting mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera,\" kata Winarti.

Mantan ketua DPRD Tulangbawang itu melanjutkan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018, rancangan peraturan daerah tentang KLA sebelum ditetapkan menjadi peraturan daerah, terlebih dahulu akan disempurnakan berdasarkan hasil fasilitasi oleh Gubernur.

\"Pemkab Tulangbawang siap membantu penyempurnaan Raperda, agar sesuai dengan hasil fasilitasi gubernur, untuk kemudian disampaikan kembali kepada gubernur dan mendapatkan nomor registrasi. Setelah itu baru akan ditetapkan menjadi Perda KLA,\" jelas Bupati.

Winarti berharap, Perda ini bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat, terutama memberi payung hukum kepada terpenuhinya hak-hak anak.

Sementara itu, Ketua DPRD Tulangbawang Sopi\'i berharap, Perda KLA mendapatkan dukungan, serta komitmen semua pihak agar Perda tersebut dapat berjalan dengan baik. Terkhusus dari Pemkab Tulangbawang hingga komitmen masyarakat.

\"Kita berharap Perda ini bisa berjalan maksimal dan semua pihak dapat komit menjalankan, karena setiap perencanaan pembangunan di Tulangbawang harus memenuhi dan disetarakan dengan kebutuhan anak,\" ungkap Sopi\'i. (nal/sur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: