UTI Bantu Penerapan Sistem Informasi Profil Sekolah SMK Minhadlul Ulum

UTI Bantu Penerapan Sistem Informasi Profil Sekolah SMK Minhadlul Ulum

FOTO HUMAS UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDDosen program studi Teknologi Informasi Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) membantu SMK Minhadlul Ulum, Kecamatan Tegineneng, Pesawaran, membangun citra baik dengan mengembangkan website profil sekolah.

Ini dilakukan dalam rangkaian pengabdian kepada masyarakat (PKM) sekolah binaan. Kegiatan di sekolah di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Minhadlul Ulum tersebut diikuti empat dosen.

Terdiri dari Jupriyadi, S.Kom., M.T. selaku ketua PKM. Dibantu Andi Nurkholis, S.Kom., M.Kom.; Donaya Pasha, M.Kom. dan Adi Sucipto, S.Kom., M.T. turut serta empat mahasiswa program studi S1 Teknologi Informasi. 

BACA JUGA:Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Indonesia, Maria Niken Pangesti berhasil meraih juar

"Salah satu cara untuk membangun citra baik sekolah adalah dengan menerapkan sistem informasi profil. Sistem ini digunakan untuk memudahkan dalam memberikan informasi seputar sekolah. Mulai dari jurusan yang dimiliki, prestasi sekolah, keunggulan dan lain sebagainya," kata Andi Nurkholis. 

Andi menuturkan, informasi ini tentunya dapat memberikan citra positif jika dikonsumsi secara publik melalui internet. Saat ini, sekolah juga harus memiliki website profil sebagai salah satu informasi yang harus dilaporkan ke pangkalan data kemdikbud.

"Website profil juga merupakan identitas sekolah yang ada di internet dalam bentuk domain *.sch.id. Berdasar identifikasi dan diskusi yang dilakukan oleh tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia, SMK Minhadlul Ulum telah memiliki domain sekolah dengan alamat smkmutegineneng.sch.id. Namun domain tersebut belum dikelola dengan baik," ujarnya.

BACA JUGA: Universitas Teknokrat Indonesia Kembali Raih Juara 1 Nasional News Casting

Tim PKM juga membantu SMK dalam hal pengelolaan domain yang ada. Mulai dari pendaftaran ulang, aktivasi, instalasi website hingga pengisian konten website.

"Selain itu, tim PKM memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pengolalaan website profil sekolah kepada staf admin sekolah. Kegiatan PKM ini disambut baik oleh pihak sekolah dengan disiapkannya tim pengelola website yang dikembangkan dan support yang baik dalam kegiatan PKM," paparnya.

Wakil Rektor Dr. H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. mengatakan, sekolah binaan adalah salah satu program unggulan Universitas Teknokrat Indonesia dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. 

"Dengan pengabdian ini, dosen dan mahasiswa bisa berbuat konkret untuk lingkungan dan masyarakat. Khususnya memberikan pendampingan dan pemberian pengetahuan terkait penerapan serta pemanfaatan teknologi informasi dengan lebih baik di sekolah," singkatnya. (mel/rls/ais)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: