Bunda Eva 2 - Iklan Prima

CEK FAKTA: Benarkah BCA Sebar Surat Kenaikan Tarif Transaksi atau Justru Modus Link Phishing?

CEK FAKTA: Benarkah BCA Sebar Surat Kenaikan Tarif Transaksi atau Justru Modus Link Phishing?

(bca.co.id)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Masyarakat sedang ramai membicarakan 'surat kenaikan tarif transaksi’ mengatasnamakan Bank BCA.

Sebagaimana didapati Radarlampung.co.id, 'surat kenaikan tarif transaksi’ mengatasnamakan Bank BCA tersebut tersebar melalui WhatsApp, email, bahkan media sosial.

Di dalam surat yang mencatut Kop Surat resmi Bank BCA itu disebutkan bahwa untuk meningkatkan layanan, BCA akan menaikkan tarif transaksi antar bank dari Rp 6.500 per transaksi menjadi Rp 150.000 per bulan dan akan di-autodebet setiap bulan.

Bila nasabah tak melakukan konfirmasi melalui link yang diberikan, berarti nasabah dianggap setuju dengan pendebetan tarif baru tersebut.

BACA JUGA:ACT Pernah Dilaporkan Kasus Penipuan, PPATK Temukan Indikasi Penyimpangan Penggunaan Dana

Ternyata, surat tersebut merupakan upaya penipuan alias hoax. Hal ini sebagaimana yang diklarifikasi oleh situs resmi bank BCA, 5 Juli 2022.

Dalam pernyataan itu disbutkan, surat yang belakangan tersebar tersebut bukan surat resmi dari BCA. Sehubungan dengan beredarnya surat yang menggunakan kop surat BCA yang dipalsukan itu, BCA menghimbau untuk selalu berhati-hati terhadap oknum mengatasnamakan BCA.

Dalam surat tersebut, nasabah sengaja diarahkan untuk melakukan konfirmasi dengan cara mengklik link phishing yang diberikan, dan lantas diminta mengisi nomor HP, nomor kartu ATM, PIN, kode OTP, dan lain-lain.

Ketika selesai mengisi data-data pribadi perbankan tersebut, kemudian nasabah diminta mengklik tariff yang dipilih: tarif baru Rp 150.000 atau tarif lama Rp 6.500.

BACA JUGA:PN Batalkan Status Tersangka Darussalam Kasus Penipuan dan Penggelapan

Sesaat kemudian, si pelaku berhasil mengakses akun rekening milik nasabah terkait dan bisa menguras saldo dari rekening yang bersangkutan.

Sebagai catatan, nomor resmi WhatsApp Bank BCA adalah Bank BCA 0811 1500 998 (dengan centang hijau). Bila bukan, dipastikan itu nomor palsu.

Nah, apabila mendapatkan surat yang mencurigakan dan mengatasnamakan BCA, masyarakat disarankan menghubungi kantor cabang setempat atau melalui HaloBCA 1500888.

Pun dapat menghubungi contact center Halo BCA melalui WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @halobca, atau webchat www.bca.co.id.

Sumber: