Sudah Cair, BLT DD Tahap 2 untuk 74 Desa di Lampung Timur

Sudah Cair, BLT DD Tahap 2 untuk 74 Desa di Lampung Timur

FOTO DWI PRIHANTONO - [13.46, 19/7/2022] Dwi P. RL: Kepala Dinas PMD Lampung Timur Yudi Irawan. --

LAMPUNG TIMUR, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten LAMPUNG TIMUR mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 2. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Timur Yudi Irawan menjelaskan, hingga saat ini, DD tahap 2 sudah disalurkan kepada 231 desa. Sementara, 33 desa lainnya saat ini masih dalam proses pengusulan pencairan.  

Sesuai ketentuan yang berlaku,  masing-masing desa harus mengalokasikan anggaran sedikitnya 40 persen dari total DD untuk program perlindungan sosial berupa BLT. Itu merujuk Peruturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 tentangg penggunaan DD.

Lebih lanjut dijelaskan, dari 231 desa yang telah menerima DD tahap 2, tercatat 74 desa yang telah menyalurkan BLT DD. Sedangkan, lainnya segera akan disalurkan dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:Mungkin Ada yang Kenal, Berikut Ini Daftar Nama Seluruh Korban Kecelakaan Cibubur yang Teridentifikasi

“Bila desa penerima DD tidak mengalokasikan anggaran BLT. Maka, tahun depan alokasi DD untuk desa tersebut dipangkas 50 persen,” jelas Yudi Irawan, Selasa 19 Juli 2022.

Ditambahkan, program penyaluran BLT DD merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak akibat pandemi covid-19. “Dengan adanya BLT DD diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat, khususnya untuk pemenuhuan kebutuhan sembako,” imbuh Yudi Irawan.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali menyalurkan BLT yang bersumber dari DD. Penyaluran BLT DD tahap II itu diawali dari desa-desa yang berada di Kecamatan Purbolinggo, Rabu 13 Juli 2022.

Secara simbolis, BLT DD tahap II diserahkan Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo di Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo, Rabu 13 Juli 2022.

BACA JUGA:Ternyata, Posisi Tidur Sambil Duduk Bisa Berbahaya, Begini Penjelasan Ahli Kesehatan

"Semoga bermanfaat dan jangan lupa bersyukur karena tidak semua masyarakat mendapatkan bantuan ini," harap M. Dawam Rahardo didampingi Kepala Dinas Sosial Agus Subagyo, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tri Handoko, Camat Purbolinggo Amir Hamzah, Danramil Kapten Rahmad, dan jajaran Forkopimcam.  

Sementara, Kepala Desa Tanjung Kesuma Sugianto mengatakan, total penerima BLT DD tahap II di desanya sebanyak 105 keluarga penerima manfaat (KPM). Masing-masing KPM  menerima Rp 300.000 per bulan selama 3 bulan. Sehingga totalnnya menjadi Rp 900 ribu. 

Diketahui,  tahun ini Lampung Timur mendapat alokasi DD sebesar Rp 279 miliar. Dana itu akan disalurkan kepada 264 desa yang tersebar di 24 kecamatan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: