Iklan Bos Aca Header Detail

Tim Pelaksana PPPUD Polinela Optimalisasi Media Pemasaran Gapoktan Triguna 4.5

Tim Pelaksana PPPUD Polinela Optimalisasi Media Pemasaran Gapoktan Triguna 4.5

Foto Tim PPPUD Polinela: Tim Pelaksana PPPD Polinela dan anggota Gapoktan Triguna 4.5 di Desa Tribudisyukur, Kec.Kebun Tebu, Kab.Lampung Barat.--

Upaya peningkatan penjualan Produk 'Kopi Raosan' di Desa Tribudisyukur, Kec.Kebun Tebu, Kab.Lampung Barat

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID -- Gapoktan Triguna 4.5 adalah kelompok tani yang sudah 35 tahun melaksanakan budidaya dan pengolahan biji kopi grean bean dan kopi bubuk yang berlokasi di desa Tribudisyukur, KecKebun Tebu, Kab. Lampung Barat (Lambar), Provinsi Lampung. Kegiatan Pelaksanaan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah Politeknik Negeri Lampung (PPPUD Polinela) yang di danai oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi selama 3 tahun. 

Program ini sudah berjalan dari Tahun 2020, 2021, dan 2022 di ketuai oleh Analianasari sebagai ketua dan tim Eko win kenali, Dayang Berliana, dan Meinilwita Yulia.   

Ketua Tim Pelaksana PPPUD Polinela,  Analianasari menjelaskan bahwa di Tahun pertama berfokus pada kegiatan produksi dengan memanfaatkan asset peralatan yang sudah ada dan bantuan alat dari kegiatan PPPUD Polinela.Yakni,Tahun Pertama,  terdapat mesin rosting dan perbaikan area pengeringan biji kopi dome solar drayer. 

Tahun kedua, berfokus pada kegiatan Intergated Farming System peternakan kambing lokal dan pemanfaatan  limbah kulit kopi hasil produksi sebagai pakan ternak dan pupuk organik.

Tahun ketiga berfokus pada optimalisasi pemanfaatan media online sebagai sarana promosi produk yang dihasilkan Gapoktan Triguna 4.5 yaitu kopi bubuk Raosan dan Biji kopi kwalitas premium dan komersil. 

Lebih rinci, Analianasari menambahkan bahwa pada saat ini sedang dikembangkan web Raosan sebagai Icon Produk Gapoktan Triguna 4.5 untuk mempromosikan produk yang dihasilkan. 

Yakni, kopi bubuk Raosan dan Biji kopi Premium yang dikembangkan oleh Eko Win Kenali sebagai Tim desain web Raosan dan creator promosi melalui media online seperti Instragram.

Sementara, Anggota Tim Pelaksana PPPUD Polinela, Eko win kenali menambahkan bahwa 

Optimalisasi promosi media online terutama melalui instagram bertujuan untuk meningkatkan promosi yang dapat menyajikan visual dengan baik.

"Karena terbukti sangat unggul dalam hal menjelaskan produk, memarketkan brandingnya agar bisa menarik perhatian dan dapat menjangkau audiens yang luas,"sebut Eko pada hari Jumat, 26 Agustus 2022.

Sedangkan, Web Raosan bertujuan untuk mengenalkan branding produk melalui katalog produk yang disiapkan oleh Tim pelaksana PPPUD.  

Adapun web Raosan dengan link https://raosan.id/ sedang tahap pengembangan dan https://www.instagram.com/reel/Cgwxcqbp6XL/?igshid=MDJmNzVkMjY=. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: