Pemeringkatan LTPMT, SMA Swasta di Lampung Lampaui Sekolah Negeri, Disdikbud: Ini Momen Berbenah

Pemeringkatan LTPMT, SMA Swasta di Lampung Lampaui Sekolah Negeri, Disdikbud: Ini Momen Berbenah

--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sekolah menengah atas (SMA) swasta melampaui sekolah negeri dalam pemeringkatan sekolah terbaik versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Ada enam SMA di Lampung yang masuk dalam seribu sekolah terbaik versi LTMPT. Pemeringkatan berdasar nilai UTBK yang dirilis beberapa waku lalu. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar melalui Sekretaris Tommy Efra Hendarta menanggapi hal ini untuk menjadi motivasi sekolah ke depan.

"Kita bersyukur, hal ini diumumkan oleh LTMPT. Dengan ini, menjadi motivasi bagi sekolah melihat kekurangannya. Sehingga catatan berupa nilai ini akan memacu kita untuk terus berbenah dan berkompetisi. Jadi kompetisi ini perlu," kata Tommy Efra, Kamis 1 September 2022.

BACA JUGA: Sepuluh Akun Michat Jadi Alat Tawarkan Korban Trafficking Kepada Hidung Belang

Menurut Tommy, pemeringkatan ini bisa menjadi pemicu peningkatan kualitas mutu hasil pendidikan dari para siswa di sekolah masing-masing.

"Tapi ada catatan, itu kan masuk perguruan tinggi negeri. Mungkin saja mereka ada yang mengikuti jalur akademi seperti TNI-Polri. Karena ini kan melalui SNMPTN dan SBMPTN. Jadi perlu pertimbangan, siapa tahu mereka ke sana," sebut Tommy.

Selain itu, pihaknya juga bakal meningkatkan kualiatas sumber daya agar sekolah negeri yang menjadi fokus dinas dapat melompat lebih tinggi lagi.

"Fokusnya, kita akan memanfaatkan sumber daya yang ada fokusnya. Karena kalau tidak diumumkan, tidak ada rasa kompetisi. Dan ini wajar, bahkan mencambuk kita. Jangan karena di (sekolah) negeri, jadi terlena. Buktinya teman-teman swasta bisa melampauinya. Jadi ini momen untuk berbenah diri," tegas Tommy.

BACA JUGA: Jelang Penilaian Adipura, 12 Titik Penilaian Ini Perlu Ditingkatkan

Diketahui, enam sekolah yang masuk pemeringkatan sekolah terbaik versi LTMPT SMA Al Kautsar yang menempati urutan 226. 

Sekolah ini menempati posisi pertama di Lampung dengan total nilai 557,135.

Kemudian SMA Xaverius pada posisi 231 nasional dan peringkat 2 di Provinsi Lampung dengan total 556,262. 

Diikuti SMAN 2 Bandar Lampung pada posisi 658 nasional dan peringkat 3 Lampung dengan total nilai 525,347.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: