Tim Universitas Malahayati Kenalkan Mesin Pemipil Jagung Portabel

Tim Universitas Malahayati Kenalkan Mesin Pemipil Jagung Portabel

--

Untuk menyelesaikan permasalahan jagung kering yang menumpuk dan belum dimanfaatkan secara optimal serta berdasarkan penelitian mengenai residu tanaman jagung, maka diperlukan teknologi yang dapat menunjang nilai guna dari jagung kering.

Teknologi yang dibutuhkan adalah teknologi yang dapat digunakan untuk memipil jagung kering sehingga bisa diolah menjadi bahan baku untuk makanan ternak.

Pembuatan alat pemipil jagung portable di Desa Sumur memiliki potensi desa yang sangat baik. 

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya lahan pertanian yang menunjang kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. 

Tanaman jagung menjadi sektor unggulan di Desa Sumur. Namun, ketika hasil pertanian memuncak, jagung kering belum dimanfaatkan secara optimal dan mengganggu penjualan.

Fauzi Ibrahim mengatakan, untuk memanfaatkan kondisi tersebut, maka diperlukan teknologi yang dapat menunjang nilai guna dari jagung kering sehingga bisa bermanfaat bagi kesejahteraan warga.

“Teknologi yang dibutuhkan adalah teknologi yang digunakan untuk memipil jagung itu untuk makanan ternak,” kata Fauzi.

“Perancangan dan pembuatan mesin pemipil jagung sangat bermanfaat untuk membantu pengolahan jagung kering,” imbuhnya.

Fauzi menambahkan, mesin ini memiliki enam bagian. Terdiri dari casing, frame, mesin penggerak, pisau, poros dan saringan. 

Masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda. Diperlukan pengetahuan akan kualitas jagung kering melalui penyuluhan. 

”Selain itu, dibutuhkan alat pemipil jagung portabel yang murah dan efisien sehingga meningkatkan produktivitas,” tegasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: