Iklan Bos Aca Header Detail

Apa itu Freelancer? Inilah Tips Menjadi Freelancer di Era Digital

Apa itu Freelancer? Inilah Tips Menjadi Freelancer di Era Digital

Ilustrasi menjadi freelancer. Foto Dok--

Untuk menjadi freelancer memang gampang, tapi sayangnya tidak semua freelancer bisa sukses di pekerjaan yang mereka tekuni.

Di bawah ini merupakan beberapa tips cara menjadi freelancer yang baik agar kamu bisa sukses mendapatkan pundi-pundi penghasilan.

1. Ketahui Skill Utama

Tips pertama, kamu bisa belajar mengenai skill yang kamu punya. Jika kamu punya pemikiran untuk terjun ke dunia freelancer, kemungkinan besar kamu sudah punya ide atau gagasan terkait skill yang didapatkan dari pekerjaan sebelumnya.

Lakukan riset pasar, apakah skill kamu banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Jika iya, apakah sudah ada banyak kompetitor yang masuk ke bisnis tersebut. Lihat dan ukur juga kemampuanmu dengan orang lain, apakah sudah di level senior, atau masih pemula karena ini akan berpengaruh soal penentuan harga jasa.

2. Terus Belajar dan Perbanyak Skill

Sebagai freelancer, kamu tidak bisa bergantung dengan gaji bulanan layaknya bekerja kantoran. Jadi, jika kamu ingin naik gaji cara terbaik adalah dengan menambah klien atau bisa juga dengan meningkatkan skill dari keterampilan sebelumnya.

Waktu adalah faktor penting dalam bekerja freelance, perusahaan akan membayar lebih banyak jika kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari freelancer lain yang pernah mereka ajak kerjasama.

3. Membuat Portofolio yang Menarik

Portofolio merupakan salah satu senjata utama bagi para freelancer. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menunjukkan bahwa kamu sudah ahli dan bisa mengerjakan project yang ada.

Bukti kerja atau portofolio yang banyak dan bervariasi juga bisa dijadikan sebagai bahan negosiasi dengan klien jika kamu ingin mematok harga lebih tinggi. Jadi, sebaiknya mulai sekarang kamu menyusun portofolio dengan lebih rapi dan teratur agar lebih menarik di mata calon klien.

4. Perluas Networking dan Pertemanan

Selain portofolio, networking dan pertemanan adalah kunci sukses para freelancer yang sudah lebih dulu terjun ke bisnis ini. Dengan memiliki koneksi pertemanan yang kuat dan banyak, kamu akan lebih mudah mendapatkan informasi soal pekerjaan.

Networking sendiri tidak harus dilakukan oleh sesama freelancer, tapi kamu juga bisa berkenalan dengan para pebisnis, pengusaha, atau dari kalangan UMKM yang baru merintis usaha. Siapa tahu, kamu memiliki skill yang cocok dengan kebutuhan mereka.

5. Selalu Jujur dan Bisa Dipercaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: