Total, Lima Warga Lampung Timur Tewas Diserang Gajah liar

Total, Lima Warga Lampung Timur Tewas Diserang Gajah liar

Sejak 10 tahun terakhir, tercatat lima warga Lampung Timur tewas akibat serangan gajah dari Taman Nasional Way Kambas (TNWK). ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN --

BACA JUGA: Saluran Air Dirusak Gajah, 300 KK di Bandar Negeri Suoh Kesulitan Air

Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution menjelaskan, korban yang berprofesi sebagai petani itu diduga tewas akibat serangan gajah liar.

Berdasar keterangan saksi, peristiwa berawal ketika korban pergi ke ladang yang lokasinya berbatasan dengan kawasan TNWK. Tujuannya, untuk menunggu tanamannya agar tidak diganggu binatang liar.

Sesampainya di ladang, korban berpencar dengan petani lainnya yang juga sedang menunggu tanaman. 

Namun, beberapa saat kemudian, korban ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa dengan luka di sekujur tubuhnya yang diduga akibat serangan gajah liar.

BACA JUGA: Konflik Gajah Sebabkan Ratusan Hektare Lahan Rusak, Kerugian Capai Rp500 Juta

Terkait tewasnya warga Tegal Yoso, beberapa waktu lalu Kepala Desa M. Yani menyatakan, berbagai langkah telah dilakukan masyarakat agar gajah liar TNWK tidak masuk ke areal ladang. 

Mulai dari ronda malam dan pengusiran dengan peralatan yang menimbulkan suara berisik. Namun, upaya tersebut belum membuahkan hasil. 

Bahkan, menurut M. Yani, selama sepuluh terakhir tercatat empat warga Tegal Yoso tewas akibat serangan gajah liar. 

”Karenanya, diharapkan pemerintah pusat melalui Balai TNWK segera menyelesaikan konflik yang berkepanjangan tersebut,” kata M. Yani, Senin 1 November 2021 lalu. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: