DPC Granat Lambar Dilantik, Aliyurdin : Peredaran Narkoba Sudah Rambah Pedesaan

DPC Granat Lambar Dilantik, Aliyurdin : Peredaran Narkoba Sudah Rambah Pedesaan

Dewan Pengurus Cabang Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Lampung Barat resmi dilantik dan dikukuhkan pada Selasa 29 November 2022--

Polri dan BNN berwenang untuk terlibat dalam penyelidikan dan penyidikan narkotika. Polri dan BNN pun bekerja sama dalam perang melawan narkotika.

Disatu sisi banyaknya kasus yang terungkap mengindikasikan kinerja Polri dan BNN yang semakin baik. Namun di sisi lain, kondisi ini menjadi introspeksi bahwa  Indonesia berada di fase darurat narkoba.

Apalagi posisi geografis yang terbuka membuat narkoba mudah masuk dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Kerugian yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba pun mencapai  ratusan trilyun rupiah.

Mengapa hal itu terjadi?

Semua ini karena rendahnya tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang bahaya narkoba.

Makanya  genderang perang melawan narkoba tidak cukup hanya  Polri dan BNN saja, Tapi harus melibatkan berbagai komponen masyarakat luas termasuk ormas Granat ini terutama pemberdayaan generasi muda sebagai penggerak melawan narkoba.

Apa saja rencana atau program DPC Granat Lampung Barat ?

Dalam upaya cegah dini dan mempersempit ruang gerak peredaran Gelap Narkotika. Granat Lampung Barat memiliki visi yakni bersama Granat Wujudkan Generasi Muda Lampung Barat Sehat Cerdas Tanpa narkotika.

Untuk mewujudkan visi tersebut kami memiliki misi sebagai berikut : 

1) Melakukan konsolidasi dengan  membentuk kepengurusan di tingkat kecamatan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC), Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) serta Dewan Pimpinan Cabang Khusus (DPCK),satuan tugas di tiap jenjang pendidikan dan organisasi dalam masyarakat

2) Meningkatkan kualitas dan soliditas anggota GRANAT sebagai pelopor dalam meningkatkan sosialisasi pengetahuan, pemahaman, dan mengedukasi kesadaran masyarakat terhadap bahaya narkoba.

3) Menyebarluaskan informasi melalui Pers terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba sebagai Extra ordinarycrime dengan porsi pemberitaan yang juga harus luar biasa sehingga membuat masyarakat dan aparat menjadi lebih waspada.

4) Membangun Sinergitas berupa Komunikasi dan Jejaring kerja dengan Seluruh Stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN)

Bagaimana cara membangun kesadaran bahaya Narkoba ?

Membangun kesadaran kepada masyarakat akan bahaya narkoba itu kunci utama, karena ketika masyarakat sudah sadar akan bahaya narkoba tersebut "jangankan harus beli, dikasih gratis pun tidak akan pernah mau mencoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: