Jumlah Pelanggan PDAM Way Sekampung Pringsewu Meningkat 50 Persen

Jumlah Pelanggan PDAM Way Sekampung Pringsewu Meningkat 50 Persen

Rakor PDAM Way Sekampung tahun 2023 di Hotel Urbanstyle Pringsewu, Rabu 4 Januari 2023. --

BACA JUGA: Lebih Target, PLN Terangi 80.183 Rumah di Wilayah 3T

Dijelaskan, dengan adanya hibah Rp 1 miliar tersebut, selain menghasilkan pelanggan 500 SL, PDAM mampu memperbanyak aset-aset lainnya, sehingga semakin baik dalam pelayanan ke pelanggan.

Terkait pendapatan PDAM Way Sekampung, tahun 2021 Rp 2.014.390.400 dan 2022 sebesar Rp 2.907.436.750. Terdapat kenaikan Rp 893.046.350 atau 44,31 persen. 

"Kualitas air PDAM Way Sekampung semakin meningkat dan memenuhi standar air bersih," urainya.

Untuk kekurangan air bersih sudah bisa diminimalisir pada tahun 2022 dengan menambah jam operasional pendistribusian kepelanggan. Dari 12 jam menjadi 16 jam.

BACA JUGA: Setahun, 770 Perempuan di Lampung Barat dan Pesisir Barat Jadi Janda, Salah Satunya Karena Ini

Kemudian di 2023 akan diupayakan menjadi 24 Jam. Seiring dengan akan selesainya proyek pembangunan air baku di bendungan Way Sekampung 100L/detik  oleh Kementerian PUPR.

Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Syamsir Kasim dalam sambutannya mengatakan, untuk saat ini, pemenuhan kebutuhan air bersih yang layak di Pringsewu masih belum maksimal. 

Hal ini dapat dilihat dari jumlah pelanggan PDAM yang masih rendah (per Desember 2022 sebanyak 4.500 pelanggan).

Jumlah itu belum sebanding dengan jumlah debit yang ada 135 L/dt. Akibatnya,  idle capacity (kapasitas menganggur) masih cukup tinggi. 

BACA JUGA: Pertama di Lampung, Bappelitbang Tanggamus Menjadi Bapperida

"Untuk itu dibutuhkan kerja keras pihak PDAM dalam upaya percepatan pemenuhan jumlah pelanggan sesuai dengan debit yang terpasang," tegas Syamsir. 

Atas dasar itu, dengan peningkatan kualitas air yang jernih dan sehat, kuantitas kebutuhan pelanggan akan air bersih terpenuhi dan kontinuitas distribusi air lancar tidak macet, PDAM Way Sekampung harus berusaha lebih optimal.

Ia berharap melalui rapat koordinasi PDAM Way Sekampung dapat melakukan perubahan dan evaluasi untuk program PDAM di tahun 2023.

"Jalinlah koordinasi yang baik antara pegawai PDAM dengan pihak-pihak terkait guna menunjang kinerja. Sehingga dengan koordinasi yang baik nantinya seluruh masyarakat Pringsewu dapat menikmati pelayanan air bersih dari PDAM Way Sekampung," sebut dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: