Dana Rp 1,4 Miliar, Pemkab Tubaba Akan Anggarkan untuk Masyarakat Peternak

Dana Rp 1,4 Miliar, Pemkab Tubaba Akan Anggarkan untuk Masyarakat Peternak

Vaksinasi PMK Terhadap Ternak Sapi di Lamtim. Foto dok Dinas Perikanan dan Peternakan Lamtim--

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemkab Tubaba menganggarkan dana sebesar Rp 1,4 miliar untuk Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) untuk menjalankan sejumlah program pelatihan dan bantuan kepada masyarakat peternak dalam mewujudkan Tubaba menjadi Kabupaten Sentra Ternak di Tahun 2023.

Pj. Bupati Tubaba Dr. z Zaidirina M.Si. melalui Kepala Disnakkeswan Tubaba, Nazaruddin, menjelaskan bahwa anggaran itu merupakan dukungan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).  

BACA JUGA:Catat! Beda Dengan UTBK SBMPTN, Ini Tiga Fokus Materi Tes UTBK SNBT 2023

"Untuk mewujudkan Kabupaten Tubaba Sentra Ternak, tahun ini kami mendapatkan dukungan sebesar Rp 1.457.800.200,00. Pendanaan itu berasal dari APBD sebesar Rp 818.502.000,00 dan DAK Rp 639.300.000,00," katanya.

Adapun peruntukannya, untuk anggaran yang bersumber dari APBD ditujukan untuk peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan-pelatihan budidaya dan pelatihan pengembangan pakan ternak yang baik kepada kelompok-kelompok peternak. 

BACA JUGA:Catat! Ini Lowongan Kerja BUMN Terbaru PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) Januari 2023

“Selain itu, terdapat juga program bantuan ayam kampung untuk 9 Kelompok Wanita Tani (KWT) nantinya, masing-masing KWT akan mendapatkan 200 ekor ayam kampung betina berikut pakannya yang akan disalurkan sekitar triwulan ke III,” jelasnya.  

Kemudian, dari APBD itu juga akan direalisasikan untuk pembelian peralatan sarana - prasarana hardware dan software dalam persiapan dan peningkatan pelayanan digital, serta sejumlah urusan urusan wajib. 

BACA JUGA:Lulusan Paket C Bisa Daftar UTBK SNBT 2023, Ini Persyaratannya

Adapun untuk dana dari DAK , lebih fokus untuk belanja obat - obatan ternak dan honor para petugas lapangan yang kabelnya melalui 4 Puskeswan, yakni Puskeswan Kecamatan Tumijajar, Tulangbawang Tengah, Gunung Terang dan Gunung Agung.

Dengan adanya DAK itu , para peternak akan kami berikan bantuan pengobatan , pemberian vitamin , dan penyuluhan gratis untuk pengembangan hewan ternaknya. Sehingga diharapkan cita - cita kita bersama Pj.Bupati dan Gubernur Lampung dalam menciptakan Tubaba sebagai sentra ternak dapat terwujud. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: