Rekomendasi Tempat Wisata Goa di Lampung Yang Perlu Kalian Kunjungi, No.4 Dekat Bandar Lampung

Rekomendasi Tempat Wisata Goa di Lampung Yang Perlu Kalian Kunjungi, No.4 Dekat Bandar Lampung

6 tempat wisata Goa di Lampung--ai sumber Sumber foto :

RADARLAMPUNG.CO.ID –  Goa merupakam bentuk alami ruangan bawah tanah yang berbentuk lorong-lorong yang bisa ditelusuri dan dimasuki manusi.

Goa bisa diartikan sebagai terowongan alami yang terbentuk ke dalam bukit atau gunung yang disebabkan oleh erosi air atau sebagainya.

Kondisi Goa biasanya memilki keadaan yang gelap dan lembab serta menjadi tempat istirahat binatang nocturnal seperti kelelawar, walaupun demikian Goa masih memiliki peminat yang cukup banyak di kalangannya sendiri.

Tak kalah dengan wisata Goa yang terkenal di Indonesia, Lampung juga memiliki tempat wisata Goa yang unik dan bisa menjadi rekomendasi tempat wisata yang perlu di kujungi saat liburan.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Penyebab Pertengkaran Ferry Irawan dan Venna Melinda Berujung KDRT

1.    Goa Macan, Metro

Goa Macan merupakan tempat wisata yang bisa dibilang paling tersembunyi yang ada di Metro, Lampung. Destinasi wisata tersebut menjadi satu-satunya tempat wisata yang sepi pengunjung. Goa ini juga sing disebut dengan Goa Sireng.

Faktor utama yang membuat Goa Macan ini sepi pengunjung adalah belum diresmikannya tempat wisata ini seutuhnya. Jadi Goa ini masih sangat perawan sebab belum sama sekali terjamah oleh manusia.

Keberadaan Goa ini seolah terselebung dan belum banyak orang mengetahuinya keberadaan Goa Macan tersebut. Letak Goa ini berada didalam hutan dan seolah menutupi keberadaan dari Goa Macan ini, semak-semak yang tumbuh liar di sekitar Goa juga menjadi factor atas keberadaan dari gau ini yang sangat tersembunyi hingga tidak ada seorang pun menyadarai keberadaannya.

Konon Goa Macan Putih menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di tahun 80an. Kepopuleran dari Goa Macan ini diiringi dengan kepopuleran sebuah Goa yang terletak tidak jauh dari Goa ini, yaitu Goa Wara. Baik Goa Macan dan Goa Wara cukup dikenal sebagai mini cave / Goa kecil, sehingga karakter terpencil semakin melengkapi keberadaan dari Goa tersebut.

BACA JUGA:KTP Elektronik Akan Jadi Dasar Digitalisasi Layanan Transportasi

Goa ini terletak di wilayah 26 B Rw 6 Rejomulyo, Metro Selatan, Metro, Lampung. Dari letak Goa tersebut, sekilas tidak terlalu terpencil dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Metro.

2.    Goa Waro Metro


Goa waro atau yang sering disebut dengan Goa Warak ini terletak di Desa Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro.

Goa ini letaknya tidak jauh dari Studion Tejosari 24 Kota Metro yang merupak tempat perembunyian warga Lampung pada zama penjajahan Belanda.

Kedalaman Goa ini ada sekitar 10 meter, yang mana semakin kedalam dinding goa nya akan semakin sempit serta saat akan mengeksplor goa ini diperlukan peralatan khusus.

BACA JUGA:Cek Di sini, Kode Promo Gojek 12 Januari 2023, Banjir Voucher Diskon untuk GoRide, GoMart, GoCar dan GoFood

Selain menikmati wisaja Goa, kita juga bisa bersantai menikmati indahnya persawahan disekitar nya atau bisa dengan berfoto ria didepan pinto Goa Waro.

Untuk dapat menikmati wisata Goa Waro ini hanya mengeluarkan uang parkir sekitar Rp5.000 untuk motor dan Rp15.000 untuk mobil, area parkir di Goa Waro cukup luas dan dekan kalian hanya perlu jalan kaki setelah tiba ditempat parkir.

3.    Goa Pandan, Lampung Timur

Goa Pandan yang terletak di Desa Giri Mulyo, Marga Sekampung Lampung Timur menimpan keindahan dan keunikan didalamnya, serta Goa ini juga masih diselimuti dengan misteri.

Wisata Goa ini juga dilengkapi dengan wisata agro Alpukat. Dan Desa Giri Mulyo kini melambung dengan adanya alpukat siger.

BACA JUGA:Perjalanan Karis Selebgram Asal Lampung, Mulai dari Les Make Up hingga Sebar Selembaran Kertas Promosi

Jarak Goa Pandan sekitar 66 kilometer dari kota Bandar Lampung dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam berkendara.

Saat ini belum ada pemberlakukan tiket masuk di wisata Goa ini. Dan untuk jam masuk Goa ini selalu terbuka setiap saat jadi kalian bisa masuk kapan saja.

warga desa sekitar Goa ini menganggap biasa saja akan keberadaan Goa ini. Apalagi situasi sekitar Goa saat itu masih tertutupi semak-semak belukar dan hanya sedikit orang yang mengetahuinya, baik warga Lampung TImur maupun traveler dari Bandar Lampung.

Goa Pandan mulai terangkat saat Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung TImur mulai mengajak rekan-rekan komunitas. namun itu pun tidak terlalu booming. Masih banyak wisatawan potensial asal Lampung sendiri belum mengetahui apalagi tertarik akan Goa ini.

BACA JUGA:Catat! Hal yang Bikin Susah dapat Kerja

4.    Goa Jodoh, Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan tidak pernah habis menyuguhkan keindahan alamnya khususnya wisata laut.

Salah satu tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri adalah pulau condong yang terletak di Desa Pasir Putih Lampung Selatan yang terdapat Goa Jodoh

Goa Jodoh memiliki panjang sekita 8 meter yang dipercayai oleh masyarakat sekitar bisa mempercepat mendatangkan jodoh bagi siapapun yang melintasi terowongan yang ada didalamnya.

Untuk dapat sampai disana para wisatawan terlebih dahulu harus masuk kedalam lokasi pantai Pantai Psir Putih dan melanjutkan dengan menyeberang menggunakan perahu yang dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja.

BACA JUGA:Selebgram Asal Lampung, Andhita Irianto Ungkap Perasaannya Selama Perjalanan Karir di Tahun 2022

Tarif masuk ke pantai pasir putih hanya di patok Rp10.000 per orang, sementara untuk biaya jasa penyeberangan Rp 25.000 dan masuk kedalam pulau condong akan dikenakan tarof Rp5.000

5.    Goa Maria, Pringsewu

Goa Maria Padang Bulan Pringsewu merupakan tempat wisata religi yang mearik untuk dikunjungi. Menurut wisatawan yang sudah mengunjungi Goa ini mirip dengan “Lourdes Van di Paris”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dikutip dari berbagai sumber