Sikapi Dugaan Penyiksaan Manusia Silver, Pemkot Akan Jawab Surat Permintaan Klarifikasi KomnasHAM

Sikapi Dugaan Penyiksaan Manusia Silver, Pemkot Akan Jawab Surat Permintaan Klarifikasi KomnasHAM

Plt. Sekda Kota Bandar Lampung Khaidarmansyah.-Foto: Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan balas surat permintaan klarifikasi dari KomnasHAM RI.

Di mana KomnasHAM mengirimkan surat nomor : 069/ PM.00/ K/ I/ 2023, prihal permintaan keterangan terkait dugaan penyiksaan dan kesewenahan dalam oprasi penertiban oleh Satpol-PP Kota Bandar Lampung.

Surat yang dikeluarkan 13 Januari 2023 ditandatangani oleh Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan, Uli Parulian Sihombing, itu ditujukan ke Wali Kota Bandar Lampung.

Plt. Sekda Kota Bandar Lampung Khaidarmansyah membenarkan bahwa Pemkot Bandar Lampung mendapat surat permintaan klarifikasi dari KomnasHAM.

BACA JUGA:Pj. Bupati Pringsewu Serahkan Bantuan Ambulans untuk Kodim 0424/Tanggamus

"Benar sudah diterima surat itu. Surat itu hanya meminta klarifikasi karena ada yang melapor terkait manusia silver ke KomnasHAM," ujar Khaidarmansyah saat dihubungi Radarlampung.co.id, Rabu 25 Januari 2023.

Menindak lanjuti surat dari KomnasHAM, kata Khaidarmansyah, saat ini Kasatpol-PP tengah menelusuri terkait kebenaran dugaan kesewenangan personil Satpol-PP kepada manusia silver.

"Sekarang lagi ditelusuri oleh Kasatpol-PP. Siapa anak buahnya yang bertugas saat itu. Apakah itu betul atau tidak, saat ini saya masih nunggu hasil dari pol-pp," tuturnya.

Jika kejadian tersebut benar, lanjut Khaidarmansyah, nanti Kasatpol-PP membuat kronologinya dan dilaporkan ke wali kota Bandar Lampung.

 

Baru setelah itu, Pemkot Bandar Lampung akan membalas surat klarifikasi yang diminta KomnasHAM sesuai batas waktu yang mereka tetapkan.

"Mereka minta agar surat itu dijawab. Bukan kami dipanggil ke Jakarta. Karena disurat itu gak ada pemanggilan, cuma meminta klarifikasi apa benar laporan orang ini," tuturnya.

Khaidarmansyah juga memastikan bahwa Pemkot Bandar Lampung akan membalas surat permintaan klarifikasi dari KomnasHAM.

"Ya harus kita balas," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: