Dari Anggota DPR Hingga Mantan Bupati Titip Mahasiswa Lewat Dekan Pertanian

Dari Anggota DPR Hingga Mantan Bupati Titip Mahasiswa Lewat Dekan Pertanian

Dekan Pertanian Unila Irwan Sukri Banuwa (kiri) memberikan kesakian. Foto Anca/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dekan Fakultas Pertanian Irwan Sukri Banuwa menyebut dirinya menerima 41 mahasiswa titipan, baik dari internal keluarga Universitas Lampung (Unila) maupun dari karib dan koleganya. 

Hal itu diungkapkan Dekan Pertanian Unila Irwan Sukri Banuwa saat menjadi saksi untuk tiga terdakwa kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Unila tahun 2022, Karomani mantan rektor Unila, Heryandi mantan Warek I Unila, dan Muhammad Basri mantan Ketua Senat Unila di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Selasa 31 Januari 2023. 

Irwan Sukri Banuwa menjelaskan, saat rapat internal di Unila, para dekan oleh Karomani dipersilahkan untuk mengajukan titipan-titipan mahasiswa dalam rapat menentukan kelulusan siswa mandiri.

Irwan Sukri Banuwa kemudian mengajukan 41 nama mahasiswa titipan.

BACA JUGA:Program Light Up the Dream, PLN Wujudkan Listrik untuk Warga Tidak Mampu

Nama-nama itu kata Irwan Sukri Banuwa kemudian ia serahkan kepada Helmy Fitriawan sebagai ketua Tim Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru Unila tahun 2022. 

"Saya ajukan 41 nama mereka lulus di seluruh fakultas kecuali kedokteran," kata Irwan Sukri Banuwa Dekan Pertanian Unila sebutnya dalam kesaksian di muka persidangan. 

Dekan Pertanian Unila, Irwan Sukri Banuwa menjelaskan, dari 41 nama itu 40 mahasiswa dinyatakan lulus.

"Hanya satu yang tidak lulus," sebut Irwan Sukri Banuwa. 

BACA JUGA:Pemkab Tanggamus Siap Berkolaborasi dan Bersinergi Dengan NU

Jaksa KPK kemudian menampilkan list daftar nama-nama mahasiswa titipan yang dititipkan melalui Irwan Sukri Banuwa sebagaimana yang tertuang dalam BAP. 

Majelis hakim yang diketuai Lingga Setiawan kemudian memverifikasi nama-nama penitip di muka persidangan yang disebutkan satu per satu. 

Seperti titipan Wawan Eka Jaya yang disebut Irwan sebagai polisi Bintara di Polres Lampung Utara (Lampura) yang disebut Irwan merupakan teman dekatnya. 

Kemudian ada juga titipan dari cucu mantan Bupati Mesuji, Saply TH yang dititipkan kepadanya melalui Andi Guntur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: