Waduh Masyarakat Harus Jeli, Kemendag Temukan Minyakita Palsu Dipasaran

Waduh Masyarakat Harus Jeli, Kemendag Temukan Minyakita Palsu Dipasaran

Meski stok aman, harga Minyakita di Pesisir Barat rata-rata di atas HET (harga eceran tertinggi). FOTO BIRO HUMAS KEMENDAG --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menemukan adanya pemalsuan Minyakita yang ditemukan di Sragen, Jawa Tengah. Masyarakat harus jeli dalam membeli minyak keluaran Kemendag itu.

Dugaan pemalsuan ini ialah dengan memasukan minyak goreng curah dalam kemasan yang berlabel Minyakita.

Selanjutnya, pedagang menjualnya dengan harga diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp14 ribu per liter.

Hal ini disampaikan Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Gunung di Lampung, No.4 Tepat untuk Dikunjungi

Menurutnya temuan ini berdasarkan pengawasan Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag.

"Kami mendapat laporan itu ada temuan di Sragen, jadi harganya juga tidak sesuai HET, diatas Rp14 ribu per liter. Kemudian mereka menempelkan label Minyakita," kata Kasan seperti dikutip, Rabu 22 Februari 2023.

Atas temuan ini, selanjutnya Ditjen PKTN dan Satgas Pangan akan menindaklanjuti temuan tersebut sesuai aturan yang berlaku saat ini.

"Kita akan telusuri dahulu, karena kami belum dapat memastikan apakah ini pedagangan perseorangan atau badan usaha. Karena kalau sudah dikemas seperti nya bukan pedagang ya," katanya.

BACA JUGA:Asiik, Paket Basic Netflix Turun Harga

Sebelumnya diketahui, temuan pertama Minyakita palsu ini berada di Sragen, Jawa Tengah.

Atas temuan ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepolisian dan satgas pangan melakukan penindakan atas dugaan pemalsuan tersebut.

"Kami minta ditindak, baik dari kepolisian dan terutama dari satgas pangan juga," kata Ganjar.

Ganjar berharap masyarakat tidak lagi dirisaukan dengan adanya Minyakita palsu di pasaran. Karenanya dapat menyebabkan keresahan di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: