Siap-siap, Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Teknis akan Dimulai, Catat Tanggalnya

Siap-siap, Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Teknis akan Dimulai, Catat Tanggalnya

Pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tenaga teknis tahun 2022 bakal dilakukan pekan depan.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Masyarakat yang ingin mendaftar sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) patut bersiap-siap. Sebab, Pemerintah akan membuka seleksi penerimaan pada 17 Maret 2023.

Dilansir dari bkn.go.id pada Kamis 9 Maret 2023 di Siaran Pers Nomor : 002/RILIS/BKN/III/2023 menyebutkan, seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis akan dimulai pada Jumat, 17 Maret 2023. 

Bahkan, saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempersiapkan beberapa prosedur seleksi bersama dengan panitia ujian dari departemen masing-masing. Seperti rencana ujian dan sebaran titik lokasi yang dapat digunakan.

BACA JUGA:Unila Terima Kunjungan Mahasiswa RANEPA Rusia

Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara Iswinarto Setiaji menjelaskan, pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Tenaga Teknis tahun 2022 akan dimulai pada 17 Maret 2023.

"Proses seleksinya, dengan menggunakan seleksi berbasis Computer Asissted Test (CAT)," ungkap Iswinarto.

Computer Assisted Test (CAT) adalah proses seleksi dengan menggunakan perangkat computer untuk mencapai kompetensi dasar minimal bagi calom CPNS.

BACA JUGA:Jalinsum Tulang Bawang Lumpuh, Pengguna Jalan Diminta Lewat JTTS

Tujuan penggunaan system Computer Assisted Test (CAT) yakni untuk mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian, membuat standarisasi nasional hasil ujian, menetapkan standar penilaian, dan mendororng transparasi, objektivitas, akuntabilitas dan bebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Adapun beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan sistem CAT, antara lain: peserta tes dapat mendaftar melalui internet, peserta tes dapat langsung dievaluasi berdasarkan hasil yang dicapai, komputer menyediakan semua materi untuk soal kompetensi dasar (Test Pengetahuan Umum, Test Bakat Skolastik dan Test Skala Kematangan), penilaian dilakukan secara obyektif, peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh.

Kemudian, setiap instansi pemerintah akan mengumumkan jadwal tes dan titik lokasi ujiannya masing-masing.

BACA JUGA:Portal Indo Lampung Tulang Bawang Kebanjiran, Warung dan Rumah di Sekitarnya Rusak

Peserta dipersilahkan untuk rutin mengecek jadwal dan lokasi ujian di kanal informasi instansi yang akan tersedia pada 6 Maret 2023. Seleksi kompetensi dan seleksi kompetensi tambahan dilanjutkan hingga 13 April 2023.

Untuk transparansi dan akuntabilitas dalam seleksi berbasis CAT, BKN akan terus menyampaikan hasil real time ke media streaming secara live melalui Youtube BKN CAT Official.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: