Simak, Begini Cara Meredakan Nyeri Haid

Simak, Begini Cara Meredakan Nyeri Haid

Ilustrasi nyeri saat menstruasi atau haid. Foto/Pixabay.com--

BACA JUGA: Komplikasi Gagal Ginjal Sebabkan Penyakit Jantung, Simak Pencegahannya

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan pola makan dengan menghindari makanan atau minuman tertentu.

Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari atau dibatasi adalah yang dapat menyebabkan perut kembung atau kelebihan cairan tubuh.

Adapun makanan dan minuman tersebut diantaranya makanan berlemak, minuman mengandung kafein atau beralkohol, minuman bersoda hingga makanan asin.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi teh dengan campuran jahe atau daun mint untuk merigankan nyeri dan mencegah perut kembung saat haid.

BACA JUGA: Mengenal Leptospirosis: Komplikasi Bisa Sebabkan Cedera Ginjal Akut

Selain itu, untuk mengurangi rasa nyeri haid adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi misalnya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, coklat hitam, telur, susu, yogurt, atau ikan.

Lakukan juga relaksasi seperti meditasi, pilate, dan yoga untuk membantu mengalihkan perhatianmu dari rasa nyeri ketika sedang menstruasi atau haid.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang rutin berolahraga minimal 30 menit selama 3 hari dalam seminggu dapat mengalami perbaikan gejala nyeri haid yang cukup signifikan.

Olahraga juga dapat membantu meningkatkan suasana hati, energi, serta bersemangat dalam menjalani rutinitas dan menjaga berat badan tetap ideal.

BACA JUGA: Bahaya, Kebiasaan Mengucek Mata Terlalu Kencang Bisa Sebabkan Kerusakan Kornea dan Retina

Namun apabila nyeri haid yang kamu rasakan masih belum reda juga. Cobalah mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri saat menstruasi atau haid. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: