BPJN Lampung Usulkan Rp867 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Lampung 2023, Salah Satunya Terusan Ryacudu

BPJN Lampung Usulkan Rp867 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Lampung 2023, Salah Satunya Terusan Ryacudu

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menerima audensi dari Balai Pengelolaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung pada Kamis, 6 April 2023 di Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur Lampung.

Dalam audensi ini, Kepala BPJN Lampung, Rien Marlia mengatakan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) 2023 ini BPJN Lampung mengusulkan dana hingga Rp867 miliar untuk perbaikan jalan di Lampung.

"Pada 2023 ini kami mengusulkan dana Rp867 miliar untuk perbaikan jalan milik Provinsi maupun kabupaten/kota se Provinsi Lampung," kata Rien.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

BACA JUGA:Resmi, Rektor Unila Lantik 7 Pejabat Baru 

Dengan adanya Inpres tersebut, jalan di Lampung dapat diperbaiki. Namun ada beberapa kriteria, seperti jalan tersebut sudah selesai di design, dan lahan siap digunakan hingga adanya dokumen lingkungan.

"Penggunaan dana Inpres ini memang ketat sekali syaratnya, makanya ada kriteria tersendiri untuk bisa menggunakan dana tersebut. Karena jika tidak terpenuhi maka tidak akan bisa digunakan," tambahnya.

Salah satu usulan yang akan menggunakan dana Inpres ini ialah jalan Terusan Ryacudu yang juga akses menuju masuk tol Lampung. Di mana anggaran yang disiapkan Rp69 miliar.

"Salah satunya itu jalan terusan Ryacudu, kita sudah anggarkan Rp69 miliar. Nantinya kurang lebih akan dilakukan perbaikan pada 2,3 kilometer jalan dengan rigid beton, ada pembangunan drainase dan trotoar jalan," tambah Rien.

BACA JUGA:Pemkab Tulang Bawang Siapkan Rp 26,5 Miliar untuk THR ASN, Ini Waktu Cairnya

Sementara pada 2023 ini, Pemprov Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung juga melakukan perbaikan jalan di Jalan Terusan Ryacudu, Sukarame, Bandarlampung.

Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung, Febrizal Levi Sukmana mengatakan perbaikan jalan saat ini dianggarkan Rp13 miliar dengan perbaikan jalan sepanjang 1 kilometer pada titik-titik kerusakan parah.

"Sekarang sudah mulai perbaikan yang di jalan terusan Ryacudu ini. Namun memang belum semuanya, hanya baru beberapa titik-titik dengan kerusakan parah saja," kata Levi.

Dengan adanya dana dari BPJN Lampung, harapannya jalan yang menjadi akses utama menuju Gerbang Tol Kota Baru, atau pun sebaliknya ini dapat menjadi mulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: