Iklan Bos Aca Header Detail

Siap Menghadapi Fenomena El Nino, Simak Ini Dampak Bahayanya bagi Manusia

Siap Menghadapi Fenomena El Nino, Simak Ini Dampak Bahayanya bagi Manusia

Dampak Bahaya El Nino di Indonesia-Pixabay-

BACA JUGA:Simak, Ternyata Ini Kelemahan yang Bisa Bikin Israel Bangkrut!

Fenomena El Nino ini diakibatkan oleh perubahan suhu air laut di Samudera Pasifik yang menyebabkan pola angin berubah dan mengakibatkan kondisi cuaca yang tidak menentu dan kekeringan pada beberapa wilayah di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Wahid Dianbudiyanto ST MSc, seorang pengamat lingkungan dari Universitas Airlangga (Unair), mengungkapkan bahwa pada saat itu Indonesia belum siap menghadapi dampak El Nino tersebut. 

Ia menyoroti kurangnya kesiapan pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi fenomena tersebut, sehingga dampak yang terjadi sangat berat dan meluas. 

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya melakukan upaya untuk meminimalkan dampak yang akan timbul di masa depan.

BACA JUGA:Jamaah Membludak di Masjid Airan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dampak El Nino adalah dengan melakukan adaptasi dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. 

Selain itu, edukasi dan kampanye tentang pentingnya menjaga ketersediaan air dan teknologi modifikasi hujan juga perlu dilakukan. 

Wahid mengusulkan agar masyarakat dapat diajarkan untuk menyimpan sebanyak-banyaknya air pada reservoir-reservoir yang ada dan membangun infrastruktur yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan air hujan.

Wahid juga menekankan pentingnya meningkatkan kesiapan Indonesia dalam menghadapi fenomena El Nino yang kemungkinan akan terjadi di masa depan. 

BACA JUGA:Pura-Pura Minta Diantar Pulang, Ternyata Bandit Curas

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan penelitian dan pengembangan tentang El Nino dan penanganannya, serta membangun infrastruktur yang tepat guna dan efektif dalam menghadapi fenomena tersebut. 

Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, diharapkan Indonesia dapat lebih siap menghadapi dampak El Nino di masa depan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: